DetikNews
Selasa 23 Februari 2016, 14:01 WIB

250 Balita di Bandung Wajib Ikut PIN

Avitia Nurmatari - detikNews
250 Balita di Bandung Wajib Ikut PIN Foto: thinkstock
Bandung - Warga Kota Bandung yang memiliki anak usia balita wajib mengikuti Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 8 Maret 2016 mendatang. Imunisasi tersebut untuk mengantisipasi virus penyakit polio.

"Kalau di Bandung kita sasarannya 250 ribu balita. Di tanggal itu semua balita sehat yang ada di Kota Bandung wajib diimunisasi," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (23/2/2016).

Ada 2.100 Pos PIN di tempat umum seperti mal, pasar, terminal, bandara, stasiun, PAUD, TK, rumah sakit, posyandu, puskesmas, klinik dan sarana pelayanan kesehatan lainnya.

"Setiap pos melayani rata-rata 100-150 anak balita. Kita akan sisir sampai ke pengemis atau yang di jalanan. Semuanya harus dapat polio," jelasnya.

Menurut Ahyani, imunisasi polio ini penting, meskipun di Kota Bandung sendiri selama 10 tahun terakhir tidak ditemukan ada warga yang terkena polio.

"Virus polio ini liar maka sangat pentin setiap individu memiliki kekebalan tubuh. Di Indonesia 2014 sudah dinyatakan bebas polio, tapi di Timur Tengah sama Afrika belum. Ini untuk antisipasi karena visurs ini kan liar," pungkasnya.
(avi/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed