Brimob Polda Jabar Bekuk Pria Pemalsu STNK dan Buku Nikah

Baban Gandapurnama - detikNews
Jumat, 23 Okt 2015 08:31 WIB
Foto: Dokumen Brimob Polda Jabar
Bandung - Brimob Polda Jabar membekuk Didin Nurdin (46) yang diduga sindikat pembuat berbagai dokumen palsu di antaranya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Nikah. Sepintas dokumen-dokumen kategori penting yang dipalsukan itu mirip aslinya.

Tersangka ditangkap personel Unit Intel Den A Pelopor Satbrimob Polda Jabar di kawasan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Kamis malam (22/10/2015), sekitar pukul 23.00 WIB. Pengungkapan kasus pemalsuan dokumen ini bermula dari laporan masyarakat yang diteruskan dengan penyelidikan polisi.

"Proses lidik berlangsung selama tiga hari. Untuk mengungkapnya, kami mengawali dengan memesan Buku Nikah dan dokumen penting palsu lainnya," kata Kaden A Pelopor Satbrimob Polda Jabar AKBP Dedi Suryadi via telepon, Jumat (23/10/2015).

Tim bergerak menjumpai dan berhasil meringkus Didin. Petugas turut menggeledah tempat kediaman tersangka di Desa Rancabeureum, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

"Ternyata benar adanya proses pembuatan dokumen palsu tersebut. Kami langsung mengamankan tersangka dan barang bukti," ucap Dedi.

Barang bukti disita polisi antara lain sejumlah dokumen palsu berupa Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Izin Mengemudi (SIM), STNK, Surat Kuning, dan Buku Nikah. Selain itu menyita seperangkat komputer, mesin scan, printer dan stempel.

Dedi menerangkan, anggotanya menemukan juga bong atau alat hisap narkoba jenis sabu di rumah Didin. "Setelah cek urine, ternyata tersangka positif menggunakan narkoba," ujarnya.

Didin langsung digiring ke Mako Satbrimob Polda Jabar, Desa Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Guna kepentingan penyelidikan dan proses hukum lebih lanjut, Dedi mengatakan, hari ini pihaknya menyerahkan tersangka ke Ditreskrimum Polda Jabar.

(bbn/err)