Bantu Proyek Masjid Terapung di Gedebage, Ridwan Kamil Ungkap Wasiat Ortu

Baban Gandapurnama - detikNews
Kamis, 22 Okt 2015 14:49 WIB
Foto: Ideapreaneur.id
Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menghadiri rapat gabungan komisi DPRD Jawa Barat terkait rencana pembangunan masjid terapung di kawasan Gedebage Bandung. Emil, sapaan Ridwan, menjelaskan perannya dalam keterlibatan proyek digulirkan Pemprov Jawa Barat ini.

"Peran saya sebagai pribadi hanya bantu desain (masjid) saja," kata Emil di ruang rapat Komisi IV, Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (22/10/2015).

Dia mengungkapkannya di hadapan peserta rapat yang dihadiri para legislatif DPRD Jabar dari Komisi I, Komisi IV dan Komisi V. Selain itu hadir pihak Dinas Permukiman dan Perumahan Jawa Barat.

Menurut Emil yang juga arsitek ini, dia diminta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan untuk membantu mendesain masjid yang kelak menjadi bangunan monumental serta menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat. Pria berkaca mata tersebut sebenarnya berkomitmen tak melakukan job sampingan setelah menjabat wali kota.

Namun ada satu tak bisa ditolak Emil jika urusan keilmuannya dalam bidang arsitektur menyangkut masjid. "Wasiat orang tua (bapak) saya, kalau untuk (mendesain) masjid ya mesti membantu. Sesibuk-sibuknya saya untuk mendesain masjid, saya harus turun berkontribusi," tutur Emil.

Emil berulang kali menjelaskan soal keterlibatan membantu Pemprov Jabar ini hanya sekadar merancang masjid terapung yang dikelilingi danau raksasa. "Danau itu nantinya berfungsi mengatasi banjir di wilayah Bandung timur dan cadangan air minum," ujar Emil sambil menambahkan proyek pembangunannya membutuhkan dana sekitar Rp 400 miliar.

Tentu saja, berbicara sebagai wali kota, Emil menegaskan siap membantu Pemprov Jabar mewujudkan masjid terapung dan danau yang berdiri di lahan seluas 30 hektare.

"Saya akan bantu soal pengurusan IMB," kata Emil. (bbn/ern)