ADVERTISEMENT

Bandung Jadi Kota Percontohan Penggunaan Bus DAMRI Baru

- detikNews
Senin, 09 Mar 2015 15:03 WIB
Bandung - Bandung menjadi kota percontohan penggunaan bus DAMRI baru yang merupakan program nasional berkaitan peremajaan angkutan umum. Sebanyak 45 unit bus DAMRI bantuan Kementerian Perhubungan diberikan kepada Pemkot Bandung untuk sarana transportasi publik.

"Pertimbangannya karena Bandung termasuk angkutan bus kota terbesar di Indonesia selain Semarang dan Surabaya. Ya jadi prioritas. Kita lihat kan perkembangan di Bandung tiap hari angkutan itu luar biasa macet, kalau angkutan umumnya bagus kan, saya kira kelancaran lalu lintas bisa teratasi. Apalagi ada program bus sekolah gratis Senin dan Kamis," ujar Dirut Perum DAMRI Agus Suherman Subrata di Hotel Panghegar, Kota Bandung, Senin (9/3/2015).

Sebanyak 45 bus DAMRI merek Hino itu bagian program nasional pada 2014. Menurut Agus, Bandung salah satu dari 29 kota di Indonesia yang pertama menerima bus DAMRI anyar.

Rencananya sebanyak 1.000 unit bus DAMRI disiapkan untuk 29 kota besar yang antara lain Bandung, Surabaya, Makassar, dan Semarang. Namun, menurut Agus, tahap pertama baru disediakan 165 unit bus.

"Nanti ke depannya 3.300 bus untuk 80 kota di Indonesia," ujar Agus.

"Sekarang Bandung (45 bus DAMRI baru) yang 2014. Untuk 2015, kita buat proposal (penambahan) 100 hingga 200 bus untuk Bandung. Tapi nanti Pak Menteri Perhubungan yang menentukan jatuhnya berapa, terutama untuk pulau jawa," ucap Agus menambahkan.

(bbn/ern)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT