DetikNews
Kamis 27 November 2014, 14:49 WIB

Wah, Lampu Merah di Balai Kota Bandung Ada Tombol untuk Menyeberang

- detikNews
Wah, Lampu Merah di Balai Kota Bandung Ada Tombol untuk Menyeberang
Bandung -

Ada pemandangan berbeda di Jalan Wastukancana, Bandung. Ada lampu merah baru yang dipasang di depan Balai Kota Bandung. Bedanya dari lampu merah biasa, lampu merah ini ada tombol untuk menyeberang.

Pantauan detikcom, lampu merah tersebut ada dua sisi. Sisi yang menghadap ke jalan yakni terdiri dari lampu merah, kuning, hijau. Sementara tiang yang menghadap ke trotoar hanya warna merah dan hijau. Bagian atas lampu berbentuk bulat biasa, sementara bagian bawahnya berbentuk orang sedang berjalan. Di bagian tiangnya, terdapat tombol berwarna silver yang bisa dipencet saat akan menyeberang.

Saat kendaraan hilir mudik, indikator pejalan kaki tersebut berwarna merah, namun saat tombol menyeberang jalan dipencet, ada jeda sekitar 5 detik sehingga lampu menjadi hijau untuk pejalan kaki. Warga langsung bisa menyeberang di trotoar dengan pengaturan waktu 15 detik.

Salah seorang penyeberang jalan yang sudah mencobanya yakni Budi (31), menurutnya lampu merah khusus untuk penyeberang jalan itu masih belum dipahami oleh pengguna jalan.

"Saya belum paham, tadi pencet langsung menyeberang saja. Pengendara motor dan mobil juga tadi masih ada yang nyelonong. Padahal di zebra cross," ujar Budi yang hendak menuju Balai Kota ini.

Jika dilihat sekilas memang tidak ada bedanya dengan lampu merah biasa di perempatan. Namun yang membuat heboh adalah alarm yang berbunyi saat indikator penyeberang jalan berwarna hijau.

"Kalau enggak bunyi kayaknya motor mobil enggak akan berhenti. Karena bunyi jadi pada kaget," terang Budi.

Belum diketahui ruas jalan mana saya yang sudah dipasang tombol tersebut.


(avi/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed