DetikNews
Selasa 07 Oktober 2014, 14:30 WIB

Ridwan Kamil Bercita-cita Bandung Punya 100 Bus Sekolah Gratis

- detikNews
Ridwan Kamil Bercita-cita Bandung Punya 100 Bus Sekolah Gratis
Bandung - Hadirnya bus sekolah gratis di Bandung diharapkan bisa mengurangi kemacetan di kawasan sekolah dan menekan biaya transportasi ke sekolah. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bercita-cita memiliki 100 unit bus agar bisa menjangkau seluruh pelajar di Kota Bandung.

"Cita-cita saya 100 unit. Tapi 10 bus tahap satu ini minimal memberikan harapan. Karena biaya terbesar yang dikeluarkan orang tua untuk pendidikan itu salah satunya transportasi," ujar pria yang akrab disapa Emil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (6/10/2014).

Pemkot tidak memungut biaya alias gratis bagi pelajar berseragam di Bandung untuk menaiki bus tersebut.

"Jadi beban keluarga berkurang, beban kemacetan berkurang. Orangtua gak usah antar-antar lagi," ucapnya

Lebih lanjut Emil mengatakan, bus sekolah gratis ini tak mengambil jatah penumpang angkot. Bus ini tujuannya untuk menarik pelajar yang selama ini memakai kendaraan pribadi, misalnya diantar oleh angkot dan mobil.

"Perlu diluruskan, bus tidak mengambil jatah angkot. Kita tujuannya mengurangi kemacetan. Dulu orangtua siswa mengantar anaknya ke sekolah pakai mobil atau motor, nanti cukup antar ke shelter," ungkapnya.

Emil pun meminta kepada Dinas Perhubungan Kota Bandung untuk benar-benar memperhatikan unsur keamanan dan kenyamanan bus sekolah.

"Saya nitip bus ini kelasnya harus juara. Bus ini harus paling nyaman karena biasanya bus lain kan banyak copet dan lain-lain. Kalau bisa ditambahin wi-fi juga," tandasnya.


(avi/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed