Pengamanan Ketat Jelang Pelantikan Anggota DPR RI, Warga Jabar Jangan Cemas

- detikNews
Selasa, 30 Sep 2014 12:47 WIB
Bandung - Polda Jabar membantu Polda Metro Jaya dalam pengamanan pelantikan anggota DPR dan DPD RI terpilih periode 2014-2019. Personel polisi disiagakan menjaga ruas jalan, gerbang tol, serta objek vital yang berada dekat wilayah ibukota. Masyarakat Jabar diminta tidak waswas.

"Masyarakat diimbau tetap melaksanakan aktivitasnya seperti biasa. Tak perlu cemas dan resah. Kami ingin agar masyarakat tenang," kata Wakapolda Jabar Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (30/9/2014).

Polisi sudah mengantisipasi potensi adanya demonstrasi massa bertepatan pelantikan anggota DPR dan DPD RI di Jakarta pada Rabu (1/10/2014). Tak menutup kemungkinan elemen masyarakat di Jabar berangkat ke Jakarta.

Rycko mengimbau elemen masyarakat Jabar yang berniat unjuk rasa ke Jakarta agar berkoordinasi dengan aparat kepolisian demi keamanan dan ketertiban. Dia meminta juga tidak perlu mengerahkan massa berjumlah besar untuk ikut demo di Jakarta.

"Jabar ini 'kan penyangga Jakarta. Setiap polres jajaran Polda Jabar sudah siap melakukan pengamanan di masing-masing wilayahnya. Prioritas pengamanan ada di enam wilayah yang berdekatan dengan Jakarta," tutur Rycko.

Enam daerah Jabar yang merupakan akses masuk ke Jakarta itu meliputi wilayah hukum Polres Bogor, Polres Bogor Kota, Polres Karawang, Polres Sukabumi, Polres Cianjur dan Polres Purwakarta. Anggota dikerahkan di enam wilayah tersebut sebanyak 8.864 personel dan BKO Polda Jabar 1.115 personel.

(bbn/ern)