Penembakan di Tempat Kos

Sidang Penembakan oleh Koptu Rio Terbuka untuk Umum

- detikNews
Rabu, 06 Nov 2013 13:10 WIB
Bandung - Kasus penembakan yang melibatkan oknum tentara Kopral Satu (Koptu) Rio Budi Wijaya segera bergulir ke pengadilan militer. Sidang aksi koboi brutal sang kopral tersebut bisa disaksikan masyarakat. Insiden penembakan di kamar indekos ini menewaskan dua warga sipil, Hendi Winardi alias Elle dan Mumung Supriatna.

Kepala Kepala Penerangan Korps Pasukan Khas (Paskhas) Mayor Rifaid mengatakan pihaknya meminta masyarkat untuk bersama-sama mengawal jalannya persidangan. Sidang yang digelar nanti terbuka bagi umum atau boleh dihadiri khalayak.

"Silakan hadir. Sidangnya dibuka untuk umum," kata Rifaid kepada wartawan sewaktu ditemui di Mako Korpaskhas, Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (6/11/2013).

Menurut Rifaid, diperkirakan sidang Koptu Rio sudah bisa digelar tidak lebih satu bulan ini atau akhir November mendatang di Pengadilan Militer, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

"Perkembangan kasus ini sudah tahap titik akhir. Dalam waktu dekat ini berkas perkara akan diserahkan ke oditur militer," jelas Rifaid.

Lebih lanjut dia menuturkan, tindakan Rio menembak dua warga sipil tersebut mencoreng Korps Paskhas TNI AU. Rio selama ini bertugas sebagai anggota Satuan Provost Denma Korpaskhas, Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung.

"Saat ini RBW masih ditahan di POM AU Lanud Husein Sastranegara," ujar Rifaid.

(bbn/ern)