1.452 Polisi Dikerahkan Amankan SBY di Gedung Merdeka

- detikNews
Rabu, 29 Agu 2012 14:09 WIB
Bandung - Sebanyak 1.452 polisi disiagakan mengamankan kedatangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Kota Bandung. SBY dijadwalkan menghadiri rangkaian acara Hari Kebangkitan Teknologi Nasional di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, pada Kamis 30 Agustus 2012.

"Personel kepolisian untuk pengamanan Presiden itu terdiri dari 1.102 personel jajaran Polrestabes Bandung, dan 350 personel dari Polda Jabar," jelas Kasubaghumas Polrestabes Bandung Kompol Rosdiana saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/8/2012).

Pola pengamanan dilakukan, kata Rosdiana, menerapkan sistem tertutup dan terbuka. Ia menyebutkan, pihak kepolisian berada di ring II dan III. Sedangkan pengamanan di ring I disiagakan personel TNI dan Paspampres.

"Anggota polisi menjaga di sekitar Jalan Asia Afrika dan Alun-alun. Seluruh satuan seperti reskrim dan lalu lintas turut dilibatkan dalam pengamanan," terangnya.

Lebih lanjut Rosdiana menambahkan, personel polisi akan menggelar apel sebelum kedatangan SBY besok atau sekitar pukul 06.00 WIB. Rencananya hadir dalam acara yang digelar sekitar pukul 09.00 WIB tersebut antara lain Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Menristek Gusti Muhammad Hatta, dan BJ Habibie.

"Undangan acara itu untuk 500 orang," tutup Rosdiana.

(bbn/ern)