Sopir Angkot akan Punya Klinik Rujukan Khusus

- detikNews
Senin, 16 Jul 2012 13:58 WIB
Bandung - Para sopir angkot di Kota Bandung akan punya klinik rujukan khusus. Jika sakit, mereka tinggal datang ke klinik yang ada di Terminal Leuwi Panjang untuk diobati. Klinik yang akan jadi rujukan sopir angkot itu dicanangkan hari ini oleh Yayasan Jasa Pertiwi bekerjasama dengan Dishub Kota Bandung dan Kobanter Baru di terminal Leuwi Panjang.

"Jadi para sopir di Kota Bandung nantinya akan mendapat pelayanan kesehatan," ujar Wakil Ketua Yayasan Jasa Pertiwi Aucke Aulia.

Meski dicanangkan hari ini, klinik itu belum bisa dipakai karena terganjal masalah perizinan yang belum selesai.

"Perizinannya harus beres dulu, jadi sekarang baru gagasannya saja. Makanya hari ini hanya pencanangan," jelasnya.

Plt Kadishub Kota Bandung Ubad Bachtiar mengatakan, memang untuk mengoperasikan klinik itu harus memenuhi berbagai perizinan. Salah satunya izin memberikan pelayanan kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Bandung.

"Semua proses administrasi harus dilengkapi dulu. Tapi mudah-mudahan klinik ini bisa dioperasikan secepatnya," tutur Ubad.

Dalam waktu dekat, ia berharap Yayasan Jasa Pertiwi bisa bekerjasama dengan poliklinik manapun. Sehingga yang akan memberikan pelayanan kesehatan adalah mereka yang berasal dari poliklinik.

"Jadi sebelum punya izin dari Dinkes, mudah-mudahan yayasan ini bisa menjalin kerja sama dengan poliklinik agar pelayanan bisa diberikan secepatnya," papar Ubad.

Dishub dan Pemkot Bandung pun menyambut baik adanya klinik tersebut meski belum beroperasi. Sementara untuk bantuan demi operasional klinik tersebut, Pemkot Bandung akan segera memikirkannya.

Sementara ruangan poliklinik yang terletak di Terminal Leuwi Panjang sebenarnya sudah bisa dipakai. Berbagai obat dan perlengkapan pun sudah ada.

(ors/ern)