Enzim Unik Kiwi Sarat Nutrisi

- detikNews
Minggu, 17 Jun 2012 13:17 WIB
Bandung - Kiwi sama seperti buah sarat nutrisi dan berserat lainnya macam pepaya, nanas, apel, dan tomat, yang memiliki manfaat terhadap proses pencernaan tubuh serta kesehatan manusia. Berbentuk bulat seukuran genggaman tangan orang dewasa, kiwi hijau ternyata mengandung enzim unik yakni actinidin yang berfungsi mencerna protein sehingga gampang diserap tubuh.

"Kiwi selama ini dikenal membantu pencernaan di lambung yang memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih tinggi dibandingkan jeruk, dan lima kali nutrisi dibanding apel. Kiwi juga bisa dimakan semua kalangan mulai anak balita hingga dewasa," jelas dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Fiastuti Witjaksono.

Ia menyampaikannya saat menjadi narasumber membahas kiwi yang digagas Zespri New Zealand Kiwifruit di rumah makan Cibiuk, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Minggu (17/6/2012).

Fiastuti menerangkan dalam proses pencernaan yang terjadi dari mulut hingga usus halus, tubuh manusia membutuhkan berbagai enzim pencernaan. Yakni enzim protease (mencerna protein), lipase (mencerna lemak), dan amilase (mencerna karbohidrat).

Guna menjaga saluran cerna tetap sehat, sambung Fiastuti, tubuh membutuhkan asupan makanan bergizi seperti buah. "Salah satu buah yang cocok dikonsumsi yaitu kiwi. Berdasarkan penelitian, kiwi hijau mengandung vitamin dan mineral, antioksidan, serat, prebiotik, serta enzim actinidin," ungkap wanita berkacamata ini.

Buah kiwi pun kaya asam folat yang bermanfaat bagi ibu ingin hamil, serta memiliki glycaemic indeks rendah sehingga aman bagi penderita diabetes. Fiastuti memaparkan, protein yang diserap dengan baik akan memberikan manfaat sebagai zat pembangun, mengganti sel-sel rusak, dan menjaga agar metabolisme tubuh bekerja baik.

"Kiwi ini dianjurkan dikonsumsi setelah makan. Mengonsumsi kiwi dua buah sehari mengurangi jumlah sel rusak akibat stres oksidatif, serta bisa menunjukkan pernurunan penggumpalan darah,," paparnya.

Market Development Manager Zespri untuk Indonesia, Yuyuh Sukmana, mengatakan kiwi sudah lama memiliki efek melunakkan daging lantaran terkandung enzim actinidin. Ia menambahkan, berbagai riset dan penelitian membuktikan Zespri Green Kiwifruit berperan dalam pencernaan. Kandungan actinidin dan serat pada kiwi dapat membantu pencernaan protein lebih baik, membantu menjaga kadar gula dan lemak darah, serta menjaga kesehatan usus.
"Actinidin itu enzim penting untuk pencernaan sehat, vitalitas, dan daya tahan tubuh. Zespri Green Kiwifruit sebagai buah yang mempelancar pencernaan secara alami, dan memiliki cita rasa enak dan mudah dikonsumsi. Saat ini juga sudah bisa dibeli di supermarket," tutur Yuyuh.

Lebih lanjut ia menerangkan, mengonsumsi kiwi bisa meningkatkan vitalitas dan memperkuat pertahanan tubuh secara natural. "Gampang konsumsi kiwi. Tinggal dibelah buahnya menjadi dua bagian, terus disodok pakai sendok, buah ini sarat nutrisi," ucap Yuyuh.

Brand Ambassador Zespri untuk Indonesia, Olga Lydia, menyampaikan Zespri Internasional ialah perusahaan asal New Zealand yang memasarkan kiwi ke lebih 70 negara termasuk Indonesia. "Tahun ini, musim ketersedian buah kiwi Zespri di pasaran sejak Mei hingga Agustus untuk Zespri Gold Kiwifruit, dan Desember untuk Zespri Green Kiwifruit," jelas Olga.


(bbn/avi)