DetikNews
Sabtu 02 Oktober 2010, 11:43 WIB

Kondisi Sungai Cikapundung Menurun Akibat Pencemaran Limbah

- detikNews
Kondisi Sungai Cikapundung Menurun Akibat Pencemaran Limbah
Bandung - Ketua Gerakan Sungai Cikapundung Bersih Taufik Rachman mengatakan saat ini kondisi kualitas air di Sungai Cikapundung menurun. Akibat pencemaran dan banyaknya bangunan liar di badan sungai.

\\\"Pengelolaan air sungai merupakan tanggung jawab bersama, melalui Gerakan Cikapundung bersih diharapkan bisa jadi pendorong gerakan budaya terhadap kecintaan lingkungan, terutama cinta lingkungan air sungai,\\\" ujar Taufik di Cikapundung Timur, Sabtu (2\/10\/2010).

Taufik menjelaskan, panjang Sungai Cikapundung ini 28 KM, yang melintas di Bandung hanya 15,5 KM. Air sungai ini melintas di kawasan pada penduduk yang sepanjang aliran sungainya ada 1.058 bangunan.

\\\"Banyak bangunan liar yang ada di sekirar sungai. Belum lagi air sungai ini juga tercemar oleh pencemaran domestik seperti sampah dan juga limbah rumah sakit serta limbah industri. Maka itu perlu dilakukan normaliasai sungai, penertiban bangunan liar. Karena banyak bangunan yang membelakangi sungai bukan menghadap sungai,\\\" terangnya.

Selain oleh Wakil wali Kota Bandung Ayi Vivananda, acara ini juga dihadiri oleh Kapolrestabes Bandung Jaya Suprianti, Ketua DPRD Kota Bandung Erwan Setiawan, Kepala Satpol PP Ferdi Ligaswara, dan unsur Muspida lainnya.




(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed