PT KA: Lebih Ramai Argo Gede Dibanding Parahyangan

- detikNews
Jumat, 16 Apr 2010 17:38 WIB
Bandung - Meski tingkat okupansi KA Argo Gede dengan KA Parahyangan hampir sama yakni sekitar 50-60 persen, namun menurut Vice President Public Relation PT Kereta Api Adi Suryatmini, Argo Gede lebih ramai dari Parahyangan.

"Memang jika dilihat secara keseluruhan, hampir sama antara Argo Gede dengan Parahyangan, tapi saat kita melakukan evaluasi, masih lebih ramai Argo Gede.

Adi mencontohkan, Parahyangan Ekspres mempunyai dua kereta eksekutif. Namun kadang satu kereta saja tidak penuh. "Tapi kalau argo gede ada 4 kereta eksekutif, sedikitnya 3 kereta bia terisi penuh," terangnya.

Selama ini, ujar Adi, pihak PT KA telah melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan okupansi.

"Seperti di kereta Argo Gede ada colokan untuk carger, untuk laptop. Sekarang juga blank area sudah tidak ada, dan jaringan GPRS sudah bisa," ujarnya.

PT KA menghapuskan Kereta Api (KA) Parahyangan Bandung-Jakarta karena merugikan PT KA sebesar Rp 36 miliar pada tahun 2009. Hal itu disebabkan tingkat okupansi rendah karena kalah saing dengan Tol Cipularang.

Untuk mengganti KA Parahyangan, PT KA akan memaksimalkan KA Argo Gede. KA Parahyangan mulai dihentikan operasinya mulai 27 April 2010 mendatang.

(avi/dip)