PTUN Menangkan Gugatan Gereja Santa Maria Purwakarta

- detikNews
Senin, 15 Feb 2010 15:59 WIB
Bandung - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung memenangkan gugatan Pengurus Gereja dan Amal Katolik Kristus Raja terkait pencabutan rekomendasi izin pembangunan Gereja Santa Maria di Kota Bukit Indah sektor L, Kampung Cinangka Kampung Desa Bungur Sari, Kabupaten Purwakarta.

Perkara gugatan No. 75/6/2009/PTUN-Bandung ini menggugat rekomendasi Bupati Kabupaten Purwakarta mengenai pencabutan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Gereja Katolik Santa Maria yang dinilai tergugat (Bupati) menyalahi aturan atau prosedural pendirian gereja No. 503/P-IMB/464-BPMPTSP/X/2009.

"Pencabutan Izin Mendirikan Bangunan bisa dicabut jika belum dilaksanakan
pembangunan terhadap obyek gugatan terhitung 6 bulan dari dikeluarkannya izin," kata Hakim Ketua Bambang Priyambodo di PTUN Bandung, Jalan Diponegoro, Senin (14/2/2010).

Perkara bermula dari pencabutan izin pendirian bangunan yang dikeluarkan Depag dan FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) di Purwakarta. Pencabutan dilakukan atas desakan ormas yang meminta pemerintah setempat membatalkan dan mencabut rekomendasi yang dikeluarkan Bupati Karawang mengenai izin pembangunan gereja No.503/IMB.159-BPMPTSP/2009 tertanggal 4 Mei 2009.

Kelompok yang menolak, menuding pembangunan gereja tidak memenuhi prosedur pembangunan yang di antaranya persetujuan warga sekitar dan jumlah jemaat yang ada di wilayah tersebut.

"Prosedurnya minimal terdapat 90 penganut yang sudah disahkan pejabat setempat dan kita sudah mengajukan ada 175 umat atau penganut di sana," kata kuasa hukum penggugat Liona Nanang Supriatna seusai sidang.

"Sementara dukungan warga yang menyebutkan minimal 60 warga sudah dipenuhi dan mendapatkan persetujuan 93 warga di sana," jelas Liona.



(lom/anw)