Ganja Disimpan di Tumpukan Jeruk dan Pisang

- detikNews
Senin, 14 Sep 2009 19:41 WIB
Bandung - Direktur Reserse Narkoba Polda Jabar Komisaris Besar Nugroho Aji mengatakan setiap mendatangkan ganja ke wilayah Jawa Barat, para tersangka menyimpan barang haram itu ditumpukan jeruk dan pisang. Kenapa demikian?

"Biar bau ganja bisa hilang," jelas Nugroho di Mapolda Jabar, Senin (14/9/2009).

Ia menambahkan, ganja yang langsung didatangkan dari Aceh dibawa dengan menggunakan jalur darat. Kemudian ganja ditampung di Sukabumi dan Bogor.

"Ganja dibawa menggunakan truk. Untuk mengelabui, ganja tersebut disimpan di bawah tumpukan buah-buahan seperti jeruk dan pisang," jelasnya.

Keempat tersangka yang ditangkap, kata Nugroho, memiliki tugasnya masing-masing. Na berperan penghubung peredaran ganja di Sukabumi-Bandung-Jakarta. Ad bertugas menjadi penjaga gudang, Da berperan pengawas dan supir.

"Sementara Yo menjadi pengawas dan pencatat keluar masuk barang haram tersebut," jelasnya.

Nugroho mengungkapkan, pihaknya kini masih memburu tiga buronan dalam kasus tersebut. Ketiga buron itu ada yang berperan sebagai penyandang dana, pencari barang, serta penghubung bandar dengan sub bandar.

"Tiga buronan itu diduga teribat jaringan peredaran ganja yang pernah diungkap Polresta Bandung Tengah sekitar enam bulan lalu. Pada kasus tersebut, polisi menyita hampir 500 kg ganja kering kualitas prima," ucapnya.

Polda Jabar berhasil membongkar gudang ganja di Sukabumi, Jawa Barat, yang totalnya seberat 1,74 ton atau senilai Rp 7 miliar. Terungkapnya jaringan nasional tersebut kerjasama antara Ditnarkoba Polda Jabar, Polres Sukabumi, Polsek Cicurug dan Badan Narkotika Nasional. (bbn/tya)