DetikNews
Rabu 05 November 2008, 11:20 WIB

Luruskan Sejarah, TNI AD Bentuk Dinas Sejarah

- detikNews
Luruskan Sejarah, TNI AD Bentuk Dinas Sejarah
Bandung - Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD) TNI AD Jendral Agustadi Sasongko Purnomo meresmikan kesatuan baru di lingkungan TNI AD, yaitu Dinas Sejarah AD. Dinas ini dibentuk untuk meluruskan sejarah TNI AD yang dianggap banyak menyimpang.

Peresmian tersebut dilaksanakan di kantor Dinas Sejarah AD, Jalan Belitung, Rabu (5\/11\/2008). Sebelum menjadi dinas sejarah, sebelumnya di bawah dinas pembinaan mental (bintal).

Pembentukan dinas ini, kata KSDA, untuk meluruskan sejarah mengenai TNI AD yang banyak dibengkokkan. "Benar, dinas ini dibentuk untuk penyeimbang sejarah TNI AD yang dibengkokan, banyak sejarah TNI AD yang perlu diluruskan, khususnya peristiwa 65 di mana kurikulum pada 84, peristiwa itu dihilangkan," ujarnya.

Pembentukan kesatuan dinas ini pun, kata dia, untuk mengangkat sejarah TNI AD yang belum tercatat seperti Timor Timur. "Banyak yang belum mencatat sejarah tentang Timor Timur. Ini dikarenakan minimnya penulis-penulis yang menulis tentang Timor Timur," katanya.

Menurut dia, pihaknya sudah menyiapkan tim khusus untuk mendokumentasikan sejarah TNI AD. "Kita sudah siapkan tim khusus," tandasnya.

Pendokumentasian sejarah ini, kata dia, diharapkan bisa digunakan oleh masyarakat luas. "Di luar negeri, banyak mahasiswa atau masyarakat yang menggunakan berbagai fasilitas untuk mengetahui sejarah prajuritnya untuk keperluan belajar ataupun kuliah," kata dia.

Usai meresmikan dinas sejarah, KSAD meninjau perpustakaan TNI AD di Jalan Kalimantan.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed