DetikNews
Minggu 03 Februari 2008, 12:02 WIB

Ganesha Film Festival

Kualitas Meningkat, Film Indie Tipis di Bawah Profesional

- detikNews
Kualitas Meningkat, Film Indie Tipis di Bawah Profesional
Bandung - Puncak perhelatan Ganesha Film Festival (Ganffest) Liga Film Mahasiswa ITB, Ganffest Award digelar Sabtu (2\/2\/2008) di ITB Hall Center, Jalan Tamansari Bandung pukul 19.00 WIB. Layaknya Academy Award, dalam Ganffest Award para pengunjung pertama kali datang disambut oleh red carpet.

Tujuh penghargaan diberikan kepada tujuh nominator terpilih melalui penjaringan yang ketat. Sebanyak 98 film yang masuk ke Ganffest dikurasi sehingga menghasilkan 25 film terpilih untuk dilanjutkan ke dalam tahap penjurian. Ketiga juri yaitu sutradara film Denias John de Rantau, Kritikus film indie Bandung, Ariani Darmawan, dan Dosen Bina Komunikasi Visual STM ITB, Herry Hudrasyah.

"Rata-rata film yang masuk di Ganffest sudah sampai tahap sedikit di bawah profesional. Film-film yang diseleksi bertemakan nasionalisme, cinta tanah air dan local coulour begitu menonjol. Sehingga menjadi kemajuan bagi film independen yang sering diidentikkan sebagai film naratif yang membingungkan," ujar John de Rantau dalam sambutannya.

Dari hasil penyeleksian, penghargaan gading yang tak retak atau pengambilan gambar terbaik diberikan pada film 'Orde' produksi FFTV Intitut Kesenian Jakarta, lakon mumpuni atau aktor terbaik, Sutiyoso Wibowo dalam film asal Purbalingga, Peronika...!, dalang mumpuni atau sutradara terbaik, Bowo Laksono dalam film Peronika...!

Kang Jektor atau film favorit pilihan penonton, Teh Manis Panas produksi After School Homework, video art terbaik, Young Tourism From Near Country besutan Muhammad Akbar, penghargaan spesial juri yaitu film "yang tercampakkan...", dan penghargaan gajah emas atau film terbaik diberikan kepada 'Sepeda', besutan mahasiswa IKJ Harvan Agustiansyah produksi Star Palace.

Di antara pemenang Ganffest Award ada yang sudah mencetak prestasi dari berbagai festival film indie di Indonesia. Antara lain film Sepeda produksi Star Palace yang masuk nominasi FFI 2006, festival film indie S13Fest di Surabaya tahun 2007, dan masuk screening Jiffest.

Begitu pun film Peronika...! yang sudah mendapat sejumlah penghargaan misalnya dari Festival Film Eropa di Jakarta dan masuk nominasi di FFI 2004.


(ema/lom)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed