Memoar Pangeran Harry, Siapa Penulisnya dan Berapa Bayarannya?

ADVERTISEMENT

Memoar Pangeran Harry, Siapa Penulisnya dan Berapa Bayarannya?

BBC Indonesia - detikNews
Sabtu, 14 Jan 2023 19:11 WIB
JR Moehringer, penulis di balik memoar baru Pangeran Harry. (Getty Images)
Washington DC -

JR Moehringer bukan termasuk orang kaya, bangsawan, maupun orang terkenal yang tampil di Spare, buku memoar Pangeran Harry. Dia yang justru membantu Pangeran Harry menulis buku tersebut.

Ini bukan kali pertama dia terlibat dalam pembuatan buku memoar para selebriti.

Dia pernah menjadi ghostwriter penulis yang menuliskan ide orang lain tanpa menyebutkan namanya sendiri untuk buku memoar mantan petenis Andre Agassi berjudul Open. Dia juga berkolaborasi dengan salah satu pendiri Nike, Phil Knight, untuk buku autobiografinya, Shoe Dog.

Pada 2021, Page Six melaporkan bayaran Moehringer mencapai US$1 juta (Rp15,5 miliar) untuk menjadi ghostwriter Spare.

Moehringer bukan penulis kemarin sore. Dia pernah memenangkan penghargaan jurnalisme paling bergengsi di Amerika dan kisah hidupnya diangkat dalam film yang dibintangi oleh Ben Affleck.

Baca juga:

Saat dia bekerja dengan Agassi untuk Open, Moehringer pindah ke Las Vegas agar keduanya bisa menghabiskan 250 jam bersama.

Untuk masuk ke dalam jiwa Agassi, dia membaca karya psikoanalis Sigmund Freud dan Carl Jung, katanya kepada New York Times.

"Freud sangat membantu," kenangnya.

"Terutama Civilization and Its Discontents dan gagasan soal naluri kematian. Salah satu pilar kepribadian Andre adalah perilaku merusak diri sendiri, dan saya sadar saya telah menyingkirkan gagasan bahwa ini bisa menjadi bagian yang alami dari sifatnya."

Namun, beberapa persepsi Moehringer tentang Agassi dan sekarang Pangeran Harry - keduanya merupakan laki-laki yang rumit dengan hubungan orang tua yang menjengkelkan - mungkin muncul dari hubungannya yang rumit dengan ayahnya.

Autobiografi Moehringer sendiri pada 2005, The Tender Bar, membahas masa kecilnya di Long Island.

Dia dibesarkan oleh seorang ibu tunggal dan menemukan sosok ayah pada Paman Charlie dan sekawanan lalat di kubangan air.

Ayahnya sendiri - seorang DJ rock'n'roll di masa-masa awal radio FM - telah meninggalkan keluarganya.

"Radio memberikan secuil akses kepadanya. Jadi dulu saya selalu mencoba menghubunginya," katanya kepada Terry Gross dari NPR.

"Saya tidak tahu kalau dia memiliki shift tertentu setiap hari. Jadi saya duduk di beranda membawa radio transistor ini. Dan saya memutar tombol dengan sangat lambat, mencoba menemukan suaranya."

Versi film The Tender Bartahun 2021 yang diproduksi oleh George Clooney, menampilkan Affleck sebagai Paman Charlie yang disebutkan di atas.

Sebelum beralih menjadi penulis buku, Moehringer kuliah di Universitas Yale dan kemudian bekerja di New York Times dalam produksi berita.

Dia lalu pindah ke Colorado dan bekerja untuk Los Angeles Times pada 1994.

Pada 2000, dia memenangkan Hadiah Pulitzer untuk tulisan feature berjudul Crossing Over, tentang ketegangan yang muncul saat sebuah kapal feri dioperasikan di komunitas kecil yang terpisah di Alabama.

Selain Tender Bar dan karya-karya ghostwriter-nya, dia juga menulis novel berjudul Sutton tentang perampok bank bernama Willie Sutton.

JR Moehringer

JR Moehringer (kedua dari kiri) menghadiri peluncuran film The Tender Bar di Hollywood, California, 12 Desember 2021. (Getty Images)

Ghostwriter terbaik tidak hanya menulis dengan apik, mereka juga mampu mewujudkan subyek mereka tanpa sedikitpun terkesan seperti seseorang yang sedang memberikan impresinya terhadap orang itu.

"Dia adalah tingkatan tertingginya," kata agen buku Madeleine Morel kepada Observer.

"Saya yakin semua orang bercita-cita menjadi dia. Dia penulis yang sangat brilian. Sangat sulit untuk menulis buku untuk orang lain dan pada tingkat tertentu tidak terkesan seperti ditulis oleh orang lain."

Namun, menjadi salah satu ghostwriter terbaik sering kali berarti sengaja tidak terdeteksi.

Menjelang perilisan buku memoar Agassi pada 2009, dia mengatakan kepada New York Times: "Seorang bidan tidak membawa pulang bayinya."

(nvc/nvc)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT