Kejadian Luar Angkasa Apa Saja yang Akan Terjadi pada 2023?

ADVERTISEMENT

Kejadian Luar Angkasa Apa Saja yang Akan Terjadi pada 2023?

BBC Indonesia - detikNews
Jumat, 06 Jan 2023 16:42 WIB
Jakarta -

Kita semua menyukai cerita luar angkasa, bukan? Nah penggemar luar angkasa bersiaplah untuk menyaksikan mereka lebih sering di tahun 2023.

Tahun 2022 diakhiri dengan misi Artemis 1 - peluncuran pesawat luar angkasa tak berawak ke Bulan.

Dan akan ada banyak lagi peluncuran roket dan misi luar angkasa sepanjang tahun ini, banyak di antaranya untuk mempersiapkan umat manusia melakukan perjalanan kembali ke permukaan bulan.

Di sini kita melihat beberapa peristiwa besar yang terjadi di luar dunia ini.

Baca juga:

Misi ke Bulan

Menyusul keberhasilan Orion memasuki orbit bulan, NASA bersiap untuk lebih banyak misi dalam rangka menguji peralatan dan melakukan eksperimen sains serta bersiap untuk misi berawak ke Bulan yang diharapkan pada tahun 2025.

Akan ada banyak misi yang berlangsung, salah satunya adalah peluncuran pendarat bulan pertama bernama Noca-C dan mengirimkan lima instrumen sains dengan aman ke wilayah Lautan Badai di Bulan.

Nova-C lunar landerDikembangkan oleh perusahaan swasta, Intuitive Machines, pendarat Nova-C akan diluncurkan dengan roket Space X Falcon 9 pada bulan Maret. (Intuitive Machines/NASA)

Pendarat bulan Nova-C itu dikemas dengan teknologi yang akan membantu para ilmuwan di Bumi menguji instrumen sebelum misi berawak apapun.

Sistem radio, sensor, dan kamera frekuensi rendah semuanya akan dicoba untuk melihat seberapa efektif mereka dalam mengumpulkan informasi dan merekam data yang sangat penting untuk misi lebih lanjut.

Roket Vulcan Centaur pertama akan meluncurkan pendarat bulan Peregrine - juga bagian dari persiapan pendaratan berawak di Bulan.

Dilengkapi dengan lima mesin utama untuk melakukan semua manuver pesawat luar angkasa, pendarat ini akan dipakai untuk mengirimkan muatan ke Bulan, mirip kendaraan truk pengirim barang.

Baca juga:

Wisata luar angkasa

Meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), dua penerbangan terpisah tahun ini akan membawa pelancong yang membayar untuk liburan selama 10 hari mengitari Bumi.

Nah, perjalanan itu akan seperti berada di kamar sembari melihat pemandangan.

Selain itu, delapan orang telah dipilih oleh seorang miliarder Jepang untuk bergabung dengannya dalam penerbangan SpaceX mengelilingi Bulan! (Meskipun regulator di AS sebenarnya belum memberikan izin untuk melanjutkan penerbangan)!

Memasok kargo dan orang dengan aman ke ISS

ISS

ISS tidak bisa berfungsi tanpa misi pasokan reguler yang mengirimkan peralatan dan makanan kepada astronot yang tinggal di sana selama berbulan-bulan. (NASA)

Dalam beberapa tahun terakhir kita telah menyaksikan keberhasilan penyebaran pesawat ruang angkasa Crew Dragon SpaceX - perusahaan swasta yang dimiliki oleh miliarder Elon Musk, difungsikan untuk memasok kargo dan orang-orang dengan aman ke dan dari ISS.

Dan tahun 2023 akan melihat penerbangan kru NASA - jadi saksikan terus!

Tapi bukan hanya pesawat luar angkasa Dragon yang membawa astronot NASA tahun ini. Kami meluncurkan misi operasional pertama Boeing CST-100 Starliner.

Starliner adalah pesawat ruang angkasa yang sebagian bisa digunakan kembali untuk mengangkut kru ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dan orbit Bulan rendah lainnya - jadi kita juga akan melihatnya berakhir untuk pertama kali.

Starliner dapat dipergunakan kembali hingga 10 kali dan dikemas dengan teknologi inovatif, termasuk tablet dan internet nirkabel.

Es di Bulan

Badan Antariksa Eropa (ESA) juga tertarik untuk terlibat dalam aksi luar angkasa yang rencananya bakal meluncurkan pesawat ruang angkasa Jupiter Icy Moons Explorer.

Misi tersebut akan membutuhkan kesabaran, karena memakan waktu DELAPAN - ya, DELAPAN tahun untuk sampai ke sana. Berapa umur kita pada saat itu?

Ketika akhirnya sampai di sana, pesawat ruang angkasa Jupiter Icy Moons Explorer akan ditugaskan menjelajahi Jupiter serta bulan-bulan besar yang tertutup es.

Semua misi diperkirakan rampung sebelum Oktober, ketika Falcon Heavy dari SpaceX akan meluncurkan misi eksplorasi NASA ke asteroid metalik besar bernama Psyche.

Karena kerusakan perangkat lunak dan teknologi, misi yang tertunda dari tahun 2022 ini tidak akan selesai hingga tahun 2029.

Tapi pesawat ruang angkasa itu akan terbang melewati Mars, sampai akhirnya tiba di sana.

Ini rahasia

Jelas kami ingin memberi Anda fakta, informasi, dan pengetahuan. Tetapi ada beberapa hal yang bahkan kami tidak tahu.

Cabang terbaru dari angkatan bersenjata Amerika yakni Angkatan Luar Angkasa AS - memiliki beberapa muatan rahasia yang meledak di luar angkasa tahun ini untuk alasan yang tidak kita ketahui... menambah lebih banyak misteri pada 'penjaga' baru galaksi.

Banyak informasi soal Angkatan Luar Angkasa AS yang 'rahasia' dan hanya bisa dilihat oleh orang-orang dengan akses khusus, yang menunjukkan bahwa pejabat tinggi di pemerintahan Amerika Serikat tidak ingin membocorkan semua rahasia mereka.

Kami tahu Angkatan Luar Angkasa meluncurkan pesawat luar angkasa tahun lalu dan berhasil menyelesaikan rekor orbit selama 908 hari.

Ini hanyalah sebagian dari misi yang diharapkan diluncurkan pada tahun 2023, jadi pantau terus BBC tahun ini untuk semua hal yang 'keluar dari dunia ini'.

Lihat juga video 'Deretan Gambar Sains di Stasiun Luar Angkasa Terbaik 2022':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT