Hadapi Kosta Rika, Apakah Jerman Bakal Ulangi Tragedi Piala Dunia 2018?

ADVERTISEMENT

Hadapi Kosta Rika, Apakah Jerman Bakal Ulangi Tragedi Piala Dunia 2018?

BBC Indonesia - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 17:31 WIB
Tim Jerman saat bertemu Spanyol yang berakhir 1-1 di Piala Dunia 2022. (Getty Images)
Jakarta -

Timnas Jerman akan menghadapi Kosta Rika di grup E Piala Dunia. Masing-masing memiliki peluang lolos ke babak 16 besar.

Sementara ini, Jerman berada di posisi buncit dengan satu poin, dan Kosta Rika berada di posisi ketiga dengan tiga poin.

Sementara Spanyol berada di puncak (empat poin) dan Jepang di posisi kedua (tiga poin).

Untuk lolos ke 16 besar, Jerman bukan hanya harus menang dari Kosta Rika, tapi juga mesti menunggu hasil akhir pertandingan dari tim lainnya.

Timnas JermanGetty ImagesLeon Goretzka (kanan) bertarung dengan pemain Spanyol Nico Williams di laga yang berakhir seri 1-1.

Situasi ini setidaknya pernah dialami Jerman pada 2018 lalu. Saat itu, juara empat kali Piala Dunia itu tersingkir di babak penyisihan grup pada 2018.

Insiden di mana Jerman tersingkir paling awal untuk pertama kalinya dalam kurun 80 tahun.

Pelatih timnas Jerman, Hansi Flick mengatakan dia tak punya rencana untuk mundur dari jabatannya, kalau anak asuhnya tersingkir lagi lebih awal.

"Saya punya kontrak sampai 2024, dan saya menantikan Piala Eropa (tahun 2024), tapi itu masih lama," kata Flick yang mengambil posisi Joachim Low sebagai pelatih timnas Jerman pada Agustus 2021.

"Kami ingin mengakhiri pertandingan lebih awal untuk menambah tekanan kepada tim dari grup lain. Kami harus memiliki sikap seperti yang kami tunjukkan saat melawan Spanyol."

Kosta Rika siap kacaukan peluang

Pelatih Luis Fernando Suarez mengatakan Kosta Rika akan menikmati kesempatan untuk mengacaukan peluang di Piala Dunia.

Harapan negara dari Amerika Tengah untuk lolos ke babak 16 besar di Qatar, nyaris pupus setelah menelan kekalahan telak dari Spanyol 7-0.

Tapi setelah mengalahkan Jepang, dan seandainya menang dari Jerman, maka mereka bakal lolos dan meniru gaya heroik di 2014, ketika mereka menekuk Italia dan Inggris.

Luis Fernando SuarezEPALuis Fernando Suarez (kanan) berasal dari Kolombia tapi menjadi arsitek bagi timnas Ekuador dan Honduras sebelum akhirnya menjadi pelatih Kosta Rika pada Juni 2021.

"Delapan tahun telah berlalu, dan para pemain telah berubah, tapi Anda punya kenangan yang baik," kata Suarez.

"Mungkin ini karena gen turunan bagi pemain Kosta Rika. Ketika mereka bisa lolos ke Piala Dunia, mereka melakukan hal yang berbeda, dan mereka bermain dengan baik.

"Saya bukan hanya bicara tentang Piala Dunia 2014 di Brasil. Saya kira juga Piala Dunia 1990 di Italia.

"Mereka lolos ke babak 16 besar, di mana tak ada satu pun yang percaya sebelumnya. Mereka tidak pernah difavoritkan, itu bagus."

"Kami harus kuat secara emosional, dan siap banting tulang pada pertandingan ini. Kalau Jerman tersingkir, ini akan menjadi hal besar, dan kami akan bangga bisa bertanggung jawab atas hal itu."

Pertandingan dengan hasil seri, bahkan sudah cukup bagi Kosta Rika untuk melaju di grup E. Tapi Jerman harus menang setelah kalah 2-1 dari Jepang di pertandingan pertamanya, dan berakhir imbang 1-1 saat melawan Spanyol.

Baca Juga:

Informasi tim

Bek tengah Kosta Rika, Francisco Calvo diskors setelah menerima kartu kuning kedua saat pertandingan melawan Jepang.

Daniel Chacon, 21 tahun, kemungkinan muncul sebagai pemain pengganti terakhir, karena pelatih Suarez mungkin lebih memilih pemain yang berpengalaman, Juan Pablo Vargas, 27 tahun.

Leroy Sane bisa bermain lebih awal untuk Jerman setelah pemain sayap itu pulih dari masalah lutut, ia sempat bermain sebagai pemain pengganti saat melawan Spanyol.

Niclas Fullkrug berharap merumput sejak awal, setelah pemain ini menggantikan Thomas Muller saat melawan Spanyol. Saat itu, Fullkrug berhasil menyamakan kedudukan 1-1.

PREDIKSI CHRIS SUTTON

Sejak awal, Jerman melewati banyak batu sandungan untuk masuk ke babak 16 besar.

Mereka beruntung masih bisa bertahan, tapi menurut saya mereka akan memanfaatkan kesempatan mereka sebaik-baiknya, dan mengalahkan Kosta Rika dengan mudah.

Jerman memiliki sejumlah pemain penyerang yang bagus, meskipun mereka punya kerentanan di baris pertahanan, mereka semestinya bisa menang dengan tenang.

Prediksi: 0-4

Lihat juga Video: Hidup Mati Jerman Ada di Tangan Spanyol

[Gambas:Video 20detik]




(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT