Kim Jong Un Kembali Tampil Bersama Putrinya, Bakal Jadi Penerus?

ADVERTISEMENT

Kim Jong Un Kembali Tampil Bersama Putrinya, Bakal Jadi Penerus?

BBC Indonesia - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 10:13 WIB
Jakarta -

Putri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah muncul di depan umum untuk kedua kalinya dalam sepekan, menimbulkan spekulasi bahwa dia sedang dididik untuk menjadi penerus ayahnya.

Namun media pemerintah Korut belum mengungkapkan nama atau usia gadis itu. Dia hanya digambarkan sebagai anak yang "paling dicintai" atau "berharga" sang pemimpin.

Media pemerintah Korea Utara, KCNA, melaporkan pada Minggu (27/11) bahwa Kim dan putrinya telah bertemu dengan tentara, ilmuwan, dan orang-orang lainnya yang terlibat dalam peluncuran rudal Hwasong-17 bulan ini.

Foto-foto terbaru KCNA tidak mencantumkan tanggal tetapi disebutkan bahwa Kim dan putrinya menjumpai kerumunan "dipenuhi semangat dan kebahagiaan yang tak terbatas" saat mereka menyatakan "kemuliaan tertinggi dan penghormatan yang kuat untuknya [Kim]".

Jadi apa yang kita ketahui tentang putri Kim Jong-un ini?

Kim Jong-un dan putrinyaKCNA via Reuters

Pertama kali disebut pada 2013

Kim Jong-un memimpin salah satu negara paling rahasia di dunia, dan sangat sedikit yang diketahui tentang kehidupan pribadinya.

Pada Juli 2012, Korea Utara mengonfirmasi Ri Sol-ju adalah istri Kim, sebulan setelah Ri pertama kali terlihat di depan umum bersama Kim.

Sejak itu, media Korea Selatan berspekulasi keduanya memiliki tiga anak.

Baca juga:

Pada September 2013, pensiunan pemain bola basket AS Dennis Rodman, yang saat itu berada di Korea Utara dalam "tur diplomasi bola basket", dikutip oleh surat kabar Inggris the Guardian bahwa "Kim memiliki bayi perempuan."

"Saya menggendong bayi mereka Ju-ae dan juga berbicara dengan [istri Kim]. Dia ayah yang baik dan memiliki keluarga yang rupawan" kata Rodman kepada surat kabar itu.

Namun saat itu belum ada tanggapan atau konfirmasi resmi dari Korea Utara atas komentar Rodman tersebut.

Pertama kali muncul pada 2022

Pada 19 November 2022, KCNA menerbitkan beberapa foto Kim dan putrinya tersebut untuk pertama kalinya, membenarkan kabar lama tentang keberadaan sang putri.

Media pemerintah melaporkan ayah dan putrinya itu berbicara dengan para pejabat, memeriksa misil, dan menyaksikan peluncuran rudal balistik antarbenua dari dek observasi sehari sebelumnya.

Namun tidak ada rincian nama atau usia gadis cilik itu dalam laporan tersebut.

"Pengungkapan putri Kim Jong-un telah menarik perhatian para analis Korea Utara jauh lebih banyak daripada berita bahwa negara itu berhasil meluncurkan rudal balistik antarbenua yang paling kuat," kata koresponden BBC di Seoul, Jean Mackenzie.

"Apakah ini berarti dia telah dipilih sebagai penerus Kim Jong-un dan suatu hari akan memimpin Korea Utara?"

Kim Jong-un bersama putrinya di depan rudal balistik antarbenua (ICBM). Foto ini dirilis pada 19 November oleh media pemerintah, KCNA.KCNA via ReutersKim Jong-un bersama putrinya di depan rudal balistik antarbenua (ICBM). Foto ini dirilis pada 19 November oleh media pemerintah, KCNA.

Kemunculan kedua pada 2022

Hanya sepekan setelah foto pertama ayah dan anak itu dirilis, KCNA menerbitkan kumpulan foto mereka pada Minggu (27/11).

Sekali lagi, tidak disebutkan usia atau nama sang anak, tapi kali ini dia digambarkan sebagai anak pemimpin yang "paling dicintai" atau "berharga".

"Ini tentu mengejutkan. Foto Kim Ju Ae berdiri di samping ayahnya saat dielu-elukan oleh para teknisi dan ilmuwan yang terlibat dalam peluncuran ICBM terbaru akan mendukung gagasan bahwa ini adalah awal dari posisinya sebagai potensi penerus," sebut media AS, NBC, mengutip Ankit Panda, pakar Carnegie Endowment for International Peace.

Namun, beberapa analis telah memperingatkan bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan apakah dia seorang penerus ayahnya.

Salah satu foto yang dirilis KCNA pada 19 November - Kim Jong-un dan putrinya sedang berjalan dengan latar belakang rudal antarbenua.KCNA via ReutersSalah satu foto yang dirilis KCNA pada 19 November - Kim Jong-un dan putrinya sedang berjalan dengan latar belakang rudal antarbenua.

Chun Su-jin, seorang penulis Korea Selatan dari sebuah buku tentang pemimpin perempuan Korea Utara, dikutip dalam laporan Reuters bahwa kemungkinan elite Korea Utara menyambut putri Kim sebagai penguasa mendekati nol.

"Negara itu belum siap menyambut pemimpin dari jenis kelamin lain," katanya. "[Kim] hanya mengadakan pertunjukan bahwa dia adalah seorang ayah yang penyayang, bukan hanya seorang diktator brutal yang menembakkan misil."

"Di Korea Utara, gender masih penting untuk menjadi seorang pemimpin," kata Hyun In-ae, seorang pembelot Korea Utara yang kini bekerja di Ewha Institute of Unification Studies di Seoul.

Lepas dari apakah putri Kim adalah penerus atau bukan, sudah ada satu perempuan dalam rezim Korut yang telah menarik perhatian internasional selama beberapa tahun.

Kim Jong-un dan Kim Yo-jongGetty ImagesKim Jong-un dan saudara perempuannya, Kim Yo-jong.

Kim Yo-jong: adik Kim yang kuat

Ketika rumor dan spekulasi muncul pada tahun 2020 tentang kesehatan Kim Jong-un, saudara perempuannya, Kim Yo-jong, dipandang sebagai pengganti yang mungkin mengambil alih dinasti keluarga sampai salah satu anak Kim cukup besar.

Kim Yo-jong telah memegang peran senior dalam rezim selama beberapa waktu. Dia baru-baru ini membuat ancaman menghina Korea Selatan terkait rentetan sanksi.

Kim Jong-un bersama istri dan putrinya.ReutersKim Jong-un bersama istri dan putrinya.

Namun jelas bahwa kemunculan putri Kim Jong-un telah memicu lebih banyak pertanyaan dari dunia, seperti yang dijelaskan oleh wartawan BBC Jean Mackenzie.

"Mengapa mengungkapnya sekarang? Dia masih sangat muda. Jika dia sedang mempersiapkan dia untuk mengambil alih, mungkinkah ini berarti pemimpin berusia 38 tahun itu memiliki masalah kesehatan? Kesehatannya menjadi subjek banyak spekulasi, seperti yang terlihat saat ini. risiko terbesar bagi stabilitas rezim."

Simak video 'Korea Utara Rilis Foto-Foto Terbaru Putri Kim Jong Un':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT