ADVERTISEMENT

Panduan Agenda Harian Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II

BBC Indonesia - detikNews
Senin, 12 Sep 2022 09:54 WIB
Jakarta -

Jenazah Ratu Elizabeth II telah tiba di Edinburgh, menjelang pemakaman kenegaraannya pada Senin 19 September 2022.

Masyarakat memiliki kesempatan untuk memberikan penghormatan dan melihat peti jenazahnya di Katedral St Giles, Edinburgh. Kemudian, di Westminster Hall, London - tempat Ratu akan disemayamkan selama empat hari - masyarakat juga bisa memberikan penghormatan terakhir.

Raja Charles III juga akan memulai tur ke empat wilayah di Britania Raya.

Berikut rangkaian agenda selama beberapa hari ke depan, sampai acara pemakaman berlangsung.

Raja akan memulai hari di London dengan mengunjungi Westminster Hall, di Istana Westminster, tempat para anggota Majelis Rendah dan Majelis Tinggi Parlemen Inggris menyampaikan belasungkawa. Di tempat itu, Raja Charles III juga akan menyampaikan pidato.

Ditemani Permaisuri Camilla, Raja Charles kemudian akan bertolak ke Edinburgh, sekitar pukul 14:25 waktu setempat. Dia akan berjalan di belakang peti jenazah Ratu Elizabeth II dari Istana Holyrood, Edinburgh, ke Katedral St Giles.

Warga sipil bisa menyaksikan prosesi itu di sepanjang Royal Mile.

Map showing procession route from the Palace of Holyroodhouse to St Giles' CathedralBBC

Sebuah upacara untuk mengenang kehidupan Ratu akan diadakan pada pukul 15:00 waktu setempat. Mulai pukul 17.00, masyarakat dapat melihat peti jenazah yang akan diistirahatkan di katedral selama 24 jam.

Para pejabat mengatakan akan memberlakukan sistem antrean dan rincian lebih lanjut akan segera diumumkan. Mereka yang hadir diperingatkan bahwa ada kemungkinan mereka akan berdiri selama beberapa jam.

Raja juga akan melakukan perjalanan ke Istana Holyrood untuk bertemu dengan Perdana Menteri Skotlandia Nicola Sturgeon. Dia dan Permaisuri kemudian akan mengunjungi Parlemen Skotlandia. Para anggota parlemen akan menyampaikan belasungkawa.

Pada malam harinya, Raja Charles akan berdoa bersama anggota Keluarga Kerajaan lainnya di Katedral St. Giles, tempat Ratu disemayamkan.

Peti jenazah Ratu akan dibawa dari Katedral St Giles ke Bandara Edinburgh, untuk kemudian diterbangkan ke Pangkalan Udara Royal Air Force Northolt di barat London. Putri Anne, anak perempuan satu-satunya Ratu Elizabeth II, akan mendampingi mendiang ibunya.

Peti jenazah itu diperkirakan akan tiba di London sebelum pukul 19:00 waktu setempat, lalu dibawa ke Istana Buckingham. Di sana, Raja Charles III dan Camilla akan menanti kedatangan peti jenazah Ratu Elizabeth II.

Rute perjalanan darat dari Katedral St Giles ke Bandara Edinburgh belum diumumkan, tetapi masyarakat bisa melihat iring-iringan itu.

Sebelumnya, di hari yang sama, Raja dan Camilla akan mengunjungi Belfast dan bertemu dengan Menteri Luar Negeri untuk Irlandia Utara - Chris Heaton-Harris, dari Partai Konservatif - serta para pemimpin partai lainnya. Setelah bertemu dengan para pemuka agama, Raja Charles dan Camilla akan menghadiri acara doa di Katedral St Anne, sebelum kembali ke London.

Peti jenazah Ratu Elizabeth II akan dibawa dari Istana Buckingham ke Westminster Hall, sesaat setelah pukul 14:00 waktu setempat. Di sana, jenazah Ratu akan disemayamkan selama empat hari. Prosesi formal ini bertujuan untuk diperlihatkan peti jenazah Ratu sebelum upacara pemakaman.

Kerumunan warga bakal menyaksikan iring-iringan rombongan pembawa peti jenazah melalui pusat kota London, di sepanjang Queen's Gardens, The Mall, Horse Guards dan Horse Guards Arch, Whitehall, Parliament Street, Parliament Square, dan New Palace Yard.

Mahkota Kerajaan akan ditempatkan pada peti jenazah. Kereta meriam dari Artileri Kuda Kerajaan Pasukan Raja juga akan turut serta.

Raja dan anggota Keluarga Kerajaan akan berjalan di belakangnya, dalam perjalanan yang akan memakan waktu 38 menit.

Setelah sampai di Westminster Hall, peti jenazah akan diletakkan pada platform yang ditinggikan. Setiap sudut platform akan dijaga 24 jam sehari oleh tentara dari unit yang melayani Rumah Tangga Kerajaan.

Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, akan mengadakan misa singkat, yang dihadiri Raja Charles dan anggota Keluarga Kerajaan lainnya, sebelum aula dibuka untuk umum.

Warga bisa memberikan penghormatan kepada peti jenazah Ratu mulai pukul 17:00 waktu setempat.

Westminster Hall akan tetap buka 24 jam sehari, sampai pukul 06:30 pada Senin 19 September. Orang-orang diperingatkan, mereka mungkin harus mengantre selama berjam-jam, atau mungkin semalaman, dengan sangat sedikit kesempatan untuk duduk karena antrean akan terus bergerak.

Anda dapat membaca lebih lanjut rencana persemayaman jenazah Ratu di sini.

Ini adalah hari pertama jenazah Ratu disemayamkan di Westminster Hall, dari total waktu empat hari, sebelum akhirnya dimakamkan.

Diperkirakan ratusan ribu pelayat akan hadir memberikan penghormatan di gedung abad ke-11 ini, bagian tertua dari Istana Westminster dan jantung pemerintahan Inggris.

Hari kedua peti jenazah Ratu disemayamkan di Westminster Hall. Warga masih bisa memberikan penghormatan terakhir mereka.

Raja Charles III dan Camilla akan melakukan perjalanan ke Wales, menandai kunjungan terakhirnya sebagai raja ke empat wilayah yang membentuk Britania Raya.

Hari ketiga peti jenazah Ratu disemayamkan di Westminster Hall.

Hari keempat peti jenazah Ratu disemayamkan di Westminster Hall.

Jenazah Ratu Elizabeth II selesai disemayamkan dan peti jenazah akan dibawa ke Westminster Abbey untuk pemakaman kenegaraan. Pada tanggal ini, warga Inggris diliburkan.

Di antara para tamu akan ada anggota keluarga, politisi senior Inggris, kepala negara dari seluruh dunia, serta perwakilan dari badan amal yang didukung Ratu.

Sebelum pemakaman, peti jenazah akan melakukan prosesi perjalanan dari Westminster Abbey ke Wellington Arch, yang kemudian akan berlanjut ke Kastil Windsor.

Mobil jenazah kemudian akan membawa peti jenazah di sepanjang Long Walk ke Kapel St George di Kapel Kastil Windsor, tempat misa terakhir berlangsung sebelum Ratu dimakamkan.

Ratu Elizabeth II: Kapan dan di mana pemakamannya berlangsung?

Ratu Elizabeth II wafat: Jenazah menuju Edinburgh sebelum dibawa ke London untuk pemakaman kenegaraan

Siapa saja anggota Keluarga Kerajaan Inggris dan apa tugas Raja Charles III?

BBC News DailyBBC

Simak video 'Melihat Persiapan Westminster Abbey Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT