Deretan Foto Menakjubkan dari Wahana Penjelajah NASA di Mars

BBC Indonesia - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 13:28 WIB
NASA/JPL-Caltech/ASU
Jakarta -

Wahana penjelajah Perseverance milik NASA merayakan 100 hari pertama waktu Mars semenjak mendarat, untuk berburu tanda-tanda kehidupan mikroba masa lalu, dan berusaha menyelidiki geologi dan iklim planet tersebut di masa lalu.

Sejak mendarat pada 18 Februari, Perseverance telah mengambil beberapa foto menakjubkan dari sekitar lokasi pendaratannya, yaitu di dasar Kawah Jezer, seluas 49 kilometer di utara ekuator Planet Merah.

Sebuah helikopter mini, Ingenuity, juga mengirimkan foto-foto dari udara, setelah membuat sejarah sebagai penerbangan pertama bertenaga dan dikendalikan di planet lain.

Berikut adalah pilihan foto-foto yang sudah dikirim kembali dari misi sejauh ini.

Perseverance NASA/JPL-Caltech/MSSS Pada 6 April, wahana Perseverance menggunakan kamera Watson (Wide Angle Topographic Sensor for Operations and eNgineering) guna mengambil foto selfie ini di samping helikopter Ingenuity. Foto ini terdiri dari 62 potongan foto berdiri sendiri yang digabungkan menjadi satu setelah dikirim kembali ke Bumi. Helikopter Ingenuity NASA/JPL-Caltech/MSSS Beberapa hari sebelumnya, helikopter mini Ingenuity telah dikerahkan dari bawah wahana penjelajah. Helikopter IngenuityNASA/JPL-Caltech/ASUHelikopter seberat 1,8 kg ini dianggap sebagai wujud demonstrasi teknologi untuk potensi mobilitas udara pada atmosfer Mars yang tipis.

Baca juga:

Foto udara yang diambil oleh Ingenuity NASA/JPL-Caltech Helikopter mini Ingenuity mengambil foto berwarna dari udara untuk pertama kalinya saat penerbangan kedua. Drone melayang sekitar lima meter di atas tanah, miring dan bergerak ke samping dua meter, sebelum kembali ke tempat lepas landas. Jejak wahana Perseverance dan bayangan Ingenuity terlihat di permukaan Mars. Rover viewed on Mars NASA/JPL-CALTECH Ingenuity memotret Perseverance saat penerbangan ketiganya. Saat itu, helikopter mini ini berada sekitar 85 meter dari wahana dan terbang menyamping pada ketinggian 5 meter. Salah satu kaki Ingenuity juga terlihat di tepi foto, tepat di bawah sang penjelajah. Helikopter Ingenuity NASA/JPL-Caltech Pada 7 Mei, Ingenuity mencapai ketinggian 10 meter, sebelum terbang 129 meter ke tempat pendaratan baru. Perseverance'NASA/JPL-CaltechDua bulan sebelumnya, Perseverance melakukan perjalanan pertamanya sejak mendarat di Kawah Jezero. Wahana penjelajah seberat satu ton itu membawa muatan instrumen canggih guna mengumpulkan informasi tentang geologi Planet Mars, atmosfer, dan kondisi lingkungan.

Baca juga:

Foto batu yang diambil oleh Perseverance NASA/JPL-Caltech/ASU Perseverance dilengkapi piranti laser yang dirancang untuk membantunya mengumpulkan data geologi planet. Saat menyelidiki batu berukuran 15 cm ini, instrumen meninggalkan deretan titik samar yang terlihat di dekat bagian tengahnya. Foto yang diambil oleh Perseverance NASA/JPL-Caltech/ASU Penjelajah ini juga dilengkapi dengan berbagai kamera berbeda. Foto ini diabadikan oleh "mata kanan" dari Mastcam-Z pada wahana itu, salah satu dari sepasang kamera yang memberikan tampilan stereo yang mirip dengan apa yang dilihat oleh mata manusia. Foto lanskap Mars oleh Perseverance NASA/JPL-Caltech/ASU Foto ini diambil dengan kamera Mastcam-Z kiri dan dipilih oleh pemungutan suara publik untuk diunggulkan sebagai "Foto pekan Ini" untuk Minggu keenam dari misi penjelajah. Santa CruzNASA/JPL-Caltech/ASU/MSSSFoto ini memperlihatkan bukit Santa Cruz yang berjarak sekitar 2,5 km dari wahana penjelajah. Seluruh pemandangan ada di dalam Kawah Jezero Mars; tepi kawah bisa dilihat pada garis cakrawala di balik bukit.

Penjelajahan wahana Perseverance mendapatkan dana awal guna beroperasi selama setahun waktu Mars, kira-kira dua tahun waktu di Bumi.

Simak video 'Robot Penjelajah NASA Sukses Ciptakan Oksigen di Mars':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)