'Kotak Misteri' Berisi Hewan Marak di China, Picu Kemarahan Publik

BBC Indonesia - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 15:23 WIB
Beijing -

Heboh penjualan binatang peliharaan yang dijual dalam "kotak misteri" di situs online menyebabkan banyak orang yang marah setelah sejumlah binatang ditemukan mati dalam kendaraan.

Dalam heboh "kotak misteri" itu, banyak orang yang memesan kotak berisi binatang yang kemudian dikirim ke mereka dalam kotak melalui pos.

Senin (03/05) lalu, 160 kucing dan anjing ditemukan dalam truk kurir di Chengdu.

Temuan itu menyebabkan seruan agar pemerintah mengambil tindakan atas fenomena "kotak misteri" membeli binatang melalui situs online.

Berdasarkan undang-undang transportasi China pengangkutan binatang hidup dilarang, namun "kotak misteri" itu sangat populer, menurut laporan media resmi China.

Selain anjing dan kucing, ada juga yang mengirimkan kura-kura, kadal dan tikus dilaporkan dijual di situs online termasuk Taobao.

Senin lalu, kelompok penyelamat binatang, Chengdu Aizhijia Animal Rescue Centre, mengatakan mereka mencegat kendaraan dengan 160 anjing dan kucing, semuanya di bawah tiga bulan. Sejumlah di antaranya mati.

Kelompok itu mengunggah video kotak-kotak yang ditumpuk penuh di truk di media sosial Weibo.

"Truk itu penuh dengan suara teriakan kucing dan anjing," tulis kelompok itu.

Para sukarelawan menjaga binatang-binatang itu sepanjang malam dan memberi anjing dan kucing itu makanan dan air minum serta pemeriksaan kesehatan.

Organisasi itu mengatakan Kamis (06/05), mereka membawa semua binatang ke kantor mereka dan 38 di antaranya dirawat.

Perusahaan kurir yang terlibat, ZTO, mengatakan orang yang bertanggung jawab atas keselamatan binatang di Sichuan telah dipecat dan bonus tahunannya telah dikurangi.

Mereka memastikan bahwa mereka telah melanggar aturan pos China dan meminta maaf kepada masyarakat, menurut laporan People's Daily Online.

ZTO juga mengatakan mereka melakukan pelatihan tambahan terkait keselamatan dan perlindungan binatang.

Insiden itu menimbulkan kemarahan di media sosial dan banyak pengguna yang menyerukan boikot penggunaan kotak dan membeli binatang secara online.

Kata-kata "kotak dengan binatang yang dibutakan" ada jutaan di Weibo.

"Apakah ada kemajuan dalam penyelamatan dan pengaturan binatang terlantar? Sekarang malah ada industri kotak dengan binatang yang dibutakan," tulis seorang pengguna Weibo.

Yang lainnya menulis, "Mari kita bicarakan boikot kotak binatang ini. Apa yang diperlukan adalah rumah (yang nyaman)."

Media resmi China Xinhua menggambarkan fenomena ini sebagai langkah penghinaan atas kehidupan, dan bahwa perusahaan kurir dan situs online "harus diperketat dan memperketat peraturan."

Media resmi juga menyerukan agar pembeli dan penjual "lebih menghargai kehidupan."

(nvc/nvc)