Orang Kaya Jepang Yuzaku Maezawa Tawarkan Terbang Gratis ke Bulan

BBC Indonesia - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 20:13 WIB
Yusaku Maezawa mengundang delapan anggota masyarakat untuk bergabung dengannya dalam perjalanan ke bulan. (Getty Images)
Tokyo -

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa mengundang delapan anggota masyarakat untuk bergabung dengannya dalam perjalanan ke bulan dengan menumpang pesawat yang diluncurkan roket SpaceX milik konglomerat kondang Elon Musk.

"Saya ingin warga dari berbagai latar belakang untuk bergabung," katanya dalam video yang diunggah melalui Twitter, di mana dia juga membagikan tautan aplikasi lamaran.

Dia berujar akan membayar seluruh biaya perjalanan, sehingga mereka yang terpilih akan menumpang secara gratis dalam penerbangan itu.

Misi tersebut, yang disebut dearMoon, dijadwalkan terbang pada 2023.

Para pelamar harus memenuhi dua kriteria: mereka harus memajukan "aktivitas apa pun" yang mereka lakukan untuk "membantu orang lain dan masyarakat yang lebih besar dalam beberapa cara", dan "bersedia mendukung anggota kru lain yang memiliki aspirasi serupa", jelasnya.

"Saya sudah membeli semua kursi, sehingga ini akan menjadi perjalanan pribadi," tambah Maezawa.

Maezawa, seorang pengusaha fesyen dan kolektor seni, sebelumnya mengatakan bahwa dia berencana untuk mengundang "para seniman" dalam perjalanan dengan roket Starship.

Namun dalam proyek yang disesuaikan "akan memberi orang-orang dari seluruh dunia berkesempatan bergabung dalam perjalanan ini".

"Jika Anda melihat diri Anda sebagai seniman, maka Anda adalah seniman," katanya.

Tahun lalu, dia juga meluncurkan sebuah dokumen untuk mencari kekasih baru yang akan diajaknya bergabung dengannya dalam perjalanan ke bulang, sebelum membatalkannya karena "perasaan ambigu".

Pada 2018, Maezawa dinobatkan sebagai penumpang pribadi pertama yang diterbangkan mengelilingi bulan oleh SpaceX, perusahaan milik Elon Musk.

Harga yang disetujui Maezawa untuk tiketnya ke luar angkasa belum diungkapkan, tetapi menurut Musk itu "jumlah uang yang banyak".

Direncanakan pada 2023 misi tersebut akan menjadi perjalanan ke bulan pertama oleh manusia sejak 1972.

(nvc/nvc)