Pangeran Philip Sudah Seminggu di Rumah Sakit karena Infeksi

BBC Indonesia - detikNews
Rabu, 24 Feb 2021 09:02 WIB
Pangeran Philip atau Duke of Edinburgh, suami Kepala Kerajaan Inggris Ratu Elizabeth II, pada Juli 2020 (Getty Images)
Jakarta -

Pangeran Philip atau Duke of Edinburgh, yang sedang dirawat karena infeksi, diperkirakan tidak akan meninggalkan rumah sakit selama beberapa hari, kata Istana Buckingham.

Pangeran Philip dirawat di Rumah Sakit King Edward VII London Selasa (16/02) lalu sebagai tindakan pencegahan setelah merasa tidak enak badan.

Suami Kepala Kerajaan Inggris Ratu Elizabeth II yang sudah berusia 99 tahun itu "dalam keadaan yang nyaman dan merespons perawatan", kata istana.

Anak bungsu Pangeran Philip, Pangeran Edward, mengatakan ayahnya merasa "jauh lebih baik" dan menghargai "pesan-pesan baik yang disampaikan" oleh publik.

Pangeran Edward mengatakan kepada Sky News: "Dia sangat menantikan saat-saat ia bisa keluar dari rumah sakit, itu merupakan hal paling positif, jadi kami tetap berharap."

Masuknya Pangeran Philip ke rumah sakit tidak terkait dengan virus corona.

Sumber istana sebelumnya mengatakan bahwa Duke of Edinburgh, yang akan berusia 100 tahun pada bulan Juni mendatang, masuk ke rumah sakit di Marylebone tanpa bantuan.

Pangeran Philip, Inggris

Juli lalu, Pangeran Philip menghadiri sebuah upacara di Windsor untuk menyerahkan perannya sebagai colonel-in-chief The Rifles kepada Camilla, Duchess of Cornwall. (Reuters)

Pangeran Charles mengunjungi ayahnya selama sekitar 30 menit pada Sabtu sore.

Seorang juru bicara Clarence House mengatakan Pangeran Charles kembali ke kediaman Highgrove di Gloucestershire setelah kunjungan tersebut.

Berbicara pada hari Senin, Pangeran William mengatakan kakeknya "baik-baik saja" dan bahwa dokter terus "mengawasinya".

Sementara itu, anggota Keluarga Kerajaan melanjutkan tugas resmi mereka. Ratu menghadiri upacara pemberian gelar kebangsawanan pada seorang pembantu kerajaan di Windsor pada hari Kamis.

'Tindakan berjaga-jaga'

Sebelumnya, Istana Buckingham mengungkapkan Pangeran Philip dirawat di rumah sakit pada Selasa (16/02) malam 'sebagai tindakan berjaga-jaga' karena ia merasa tidak enak badan.

Bulan lalu, Istana mengumumkan bahwa Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth telah menerima vaksinasi Covid-19 dari seorang dokter di Kastil Windsor.

Pasangan itu, yang merayakan ulang tahun pernikahan ke-73 mereka November lalu, telah menghabiskan waktu selama lockdown di Kastil Windsor, dengan staf rumah tangga yang terbatas, yang dijuluki HMS Bubble.

Mereka merayakan Natal dengan tenang di kediaman Berkshire mereka, bukan dalam pertemuan keluarga besar seperti tahun-tahun sebelumnya yang dirayakan di kediaman Ratu di Sandringham, Norfolk.

Seorang juru bicara Perdana Menteri mengatakan Boris Johnson mengirimkan "harapan terbaiknya" kepada sang Pangeran saat dia "menjalani beberapa hari istirahat di rumah sakit".

Analysis box by Jonny Dymond, royal correspondentBBC

Istana tergolong tertutup dalam melindungi privasi anggota Keluarga Kerajaan terkait hal kesehatan; mereka yang berharap untuk memberikan komentar selalu kecewa.

Tetapi juru bicara Istana telah berusaha keras untuk menekankan bahwa ini bukan perawatan darurat dan itu adalah tindakan pencegahan.

Sang Pangeran telah keluar masuk rumah sakit selama beberapa tahun terakhir, baru-baru ini sebelum Natal tahun 2019 ketika dia menjalani perawatan untuk kondisi medis bawaan.

Tapi secara keseluruhan, usia lanjutnya ditandai oleh kondisi kesehatan yang baik dan energinya; dia berhenti merokok pada hari dia menikahi Ratu; dia tidak pernah mabuk berat dan selama beberapa dekade adalah olahragawan yang rajin, mendorong dirinya sendiri terus-menerus agar tetap bugar dan kuat ketika orang lain mungkin tergoda untuk santai.

Terakhir kali dia terlihat di depan umum dia tampak dalam keadaan sehat, berdiri tanpa bantuan - dan dia masuk ke rumah sakit pada Selasa malam, setelah melakukan perjalanan ke sana dengan mobil.

Pada Desember 2019, Pangeran Philip dirawat di Rumah Sakit King Edward VII sebagai "tindakan berjaga-jaga" dan menerima perawatan untuk "kondisi yang sudah ada sebelumnya".

Dia dipulangkan pada Malam Natal setelah menghabiskan empat malam di rumah sakit dan kemudian dibawa ke Sandringham, tempat dia menghabiskan Natal bersama Ratu.

Dia telah menerima perawatan untuk berbagai kondisi kesehatan lainnya selama bertahun-tahun, termasuk arteri koroner yang tersumbat pada tahun 2011, infeksi kandung kemih pada tahun 2012, dan operasi eksplorasi pada perutnya pada bulan Juni 2013.

Pangeran Philip melewatkan sebuah acara untuk menandai peringatan Battle of Jutland atas "saran dokter" pada tahun 2016, sebelum ia pensiun dari tugas publik pada tahun 2017.

Pada April 2018, dia dirawat di rumah sakit King Edward VII untuk penggantian pinggul yang direncanakan, dan keluar setelah sembilan hari.

Dia melambaikan tangannya ke media saat dia dibawa ke Kastil Windsor untuk masa pemulihan, sebelum menghadiri pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada bulan berikutnya, dimana ia berjalan tanpa bantuan.

Pangeran Philip, Inggris, Ratu Elizabeth IIPangeran Philip berfoto bersama istrinya, Ratu Elizabeth II, dan anggota Keluarga Kerajaan lainnya di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan pada Mei 2018. (Reuters)

Dia lolos dari cedera setelah mengalami kecelakaan mobil saat mengemudi di dekat kediaman Sandringham pada Januari 2019.

Land Rover Freelander miliknya terbalik setelah bertabrakan dengan sebuah mobil Kia saat dia mengemudikan mobilnya keluar dari kediaman.

Pangeran Philip tidak terluka, tetapi dia mengunjungi rumah sakit untuk pemeriksaan. Dua penumpang mobil Kia itu membutuhkan perawatan rumah sakit dan dia kemudian menulis kepada salah satu dari mereka - Emma Fairweather - yang mengalami patah pergelangan tangan dalam kecelakaan itu.

Istana Buckingham kemudian mengumumkan bahwa "setelah pertimbangan yang cermat" dia telah secara sukarela menyerahkan SIM-nya.

Pangeran Philip, Inggris, Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip difoto di Istana Windsor menjelang ulang tahunnya yang ke-99 tahun lalu. (PA Media)

Juli tahun lalu, Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth menghadiri pernikahan cucu mereka Putri Beatrice di Windsor. Itu diyakini pertama kalinya pasangan itu menghadiri pertemuan keluarga sejak karantina wilayah dimulai.

Pada bulan yang sama, dalam acara resmi pertamanya dalam lebih dari setahun, Pangeran Philip menghadiri sebuah upacara di Windsor untuk menyerahkan perannya sebagai colonel-in-chief The Rifles kepada Camilla, istri dari Pangeran Charles, yang menerima gelar kehormatan itu secara terpisah dalam sebuah upacara di Highgrove.

November lalu, Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip merayakan ulang tahun pernikahan ke-73 mereka dengan merilis foto diri mereka membuka kartu yang dibuat untuk mereka oleh anak-anak Pangeran William dan Catherine.

Lihat juga video 'Terlibat Kecelakaan Mobil, Pangeran Philip Sangat Syok':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)