Wajah Berubah Jadi Kucing Saat Sidang Online via Zoom, Pengacara Texas Viral

BBC Indonesia - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 08:31 WIB
Texas -

Zoom

PA Media

Pengacara di Texas, Amerika Serikat, Rod Ponton, menjadi perbincangan warganet setelah kekeliruan tak sengaja saat menggunakan filter Zoom membuat dirinya tampil dalam rupa kucing di aplikasi tersebut.

Ponton menyatakan kaget tapi juga senang video Zoom-nya viral dan menjadi sensasi global. Video ini diunggah ke internet dan sudah ditonton jutaan kali.

"[Sejujurnya] saya tak paham bahwa Zoom [ternyata] bisa mengubah saya menjadi kucing. Saya masih belum paham bahwa filter kucing Zoom bisa mengubah saya menjadi selebritas di internet. Ini semua terjadi hanya hitungan jam," kata Ponton dalam wawancara dengan BBC.

Ponton menjelaskan ia menggunakan komputer milik sekretarisnya saat bergabung di satu sesi persidangan yang digelar secara online dengan aplikasi Zoom.

Entah bagaimana ceritanya filter kucing muncul, dan langsung begitu saja menggantikan wajahnya, dengan penampakan mata yang besar, seolah-olah tengah khawatir.

Ketika asistennya mencoba mengatasi masalah teknis ini, ia mengatakan -- dan bisa didengar semua yang hadir -- "Saya masih di sini [masih online], saya bukan kucing."

Ponton

Ponton kepada BBC mengatakan, "Ya sudah, kalau videonya viral, ya dinikmati saja." (BBC)

Kepada BBC, Ponton mengatakan bahwa saya masuk ke Zoom, semuanya normal-normal saja. "Saya bisa melihat foto saya saat menunggu hakim untuk bergabung," kata Ponton.

Tapi ketika hakim sudah memulai sidang, fotonya tiba-tiba menghilang. "[Dan] muncullah kucing, saya juga kaget," katanya.

Hakim Roy Ferguson membagikan video ini di media sosial dan menyarankan para pengguna Zoom untuk mematikan filter sebelum masuk ke sidang virtual.

Ponton mengatakan dalam kasus yang menimpa dirinya, hakim bisa paham dan tak terlalu menganggapnya sebagai hal yang serius.

"Saya rasa siapa pun yang gagap teknologi saat menggunakan komputer atau Zoom akan paham bahwa hal seperti ini bisa saja terjadi," katanya.

Tadinya ia sempat khawatir ia akan dibanjiri email dan panggilan telepon setelah videonya viral.

Namun ia mengatakan, apa yang menimpa dirinya ini seperti "nasi yang sudah menjadi bubur". Di Texas, ada peribahasa "odol yang sudah keluar tak bisa lagi dimasukkan ke dalam kemasannya".

"Ya sudah, kalau videonya viral, ya dinikmati saja," kata Ponton.

Lihat juga Video: Rayakan Natal dan Tahun Baru Bebas Durasi di Zoom

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/nvc)