Resmi Dilantik, Joe Biden: Ini Hari Demokrasi, Bersejarah-Penuh Harapan

BBC Indonesia - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 09:16 WIB
Jakarta -

Joe Biden secara resmi menjabat sebagai presiden Amerika Serikat ke-46 untuk periode empat tahun, menggantikan Donald Trump yang memilih melanggar tradisi dengan tidak menghadiri acara pelantikan penerusnya.

Biden resmi menjabat setelah diambil sumpahnya dalam upacara yang berlangsung khidmat di gedung Capitol, Washington DC pada Rabu (20/01) sebelum tengah hari waktu setempat (atau tengah malam WIB).

Pengambilan sumpahnya dipimpin oleh Hakim Mahkamah Agung John Roberts.

Dalam pidatonya, Presiden Joe Biden mengatakan, "Ini adalah Hari Amerika. Ini adalah hari demokrasi. Hari bersejarah dan penuh harapan.

"Dalam perjalanannya, Amerika telah diuji dan berhasil mengatasi hambatan. Hari ini kita merayakan kemenangan, bukan kemenangan seorang kandidat tetapi kemenangan atas tujuan, tujuan demokrasi."

Pada bagian lain pidatonya, Biden juga menyuarakan persatuan masyarakat AS.

"Sejarah, keyakinan, dan alasan selalu menunjukkan jalan, jalan persatuan. Kita memandang satu sama lain, bukan sebagai musuh, tapi sebagai tetangga. Kita bisa memperlakukan satu sama lain dengan martabat dan hormat.

"Kita bisa bersatu, berhenti untuk saling marah, dan menurunkan emosi. Karena tanpa persatuan, tidak akan ada perdamaian. Hanya kegetiran dan kemarahan, tak akan ada kemajuan, hanya kemarahan yang melelahkan, tidak ada tindakan nyata, hanya kekacauan semata," kata Biden.

Wakil Biden, Kamala Harris, diambil sumpahnya terlebih dahulu. Ia mengukir sejarah sebagai perempuan pertama, perempuan keturunan pendatang dari India dan Jamaika, yang menjadi wakil presiden AS.

Kamala dan Biden Getty Images Biden memberikan selamat kepada wakilnya sesudah disumpah. Joe Biden dan Kamala Harris, bersama pasangan masing-masing

Joe Biden dan Kamala Harris, bersama pasangan masing-masing melambaikan ke arah National Mall, yang biasanya dipenuhi warga jika tidak terjadi pandemi seperti sekarang. (Getty Images)

Ia diambil sumpahnya oleh Hakim Mahkamah Agung, Sonia Sotomayor, yang mencatat sejarah pada 2009 sebagai keturunan Latin pertama yang duduk di Mahkamah Agung.

Setelah diambil sumpahnya, Biden pindah ke Gedung Putih, kediamannya untuk empat tahun ke depan.

Donald Trump memutuskan tidak menghadiri upacara pelantikan ini. Ia tercatat sebagai presiden keempat yang menolak menghadiri pelantikan penerusnya dalam sejarah AS.

Mantan presiden yang hadir adalah Barack Obama, Bill Clinton, dan George W Bush. Biden menjabat sebagai wapres selama delapan tahun di bawah kepemimpinan Obama.

Barack Obama dan istri Michelle Obama hadir dalam acara pelantikan presiden di gedung Capitol.

Barack Obama dan istri Michelle Obama hadir dalam acara pelantikan presiden di gedung Capitol. (EPA)

Wakil Presiden Mike Pence juga menghadiri acara pelantikan, sehingga tidak menghadiri acara perpisahan Trump di pangkalan militer Andrews Air Base di luar ibu kota.

Patut dicatat banyak figur penting mengenakan pakaian berwarna ungu, termasuk Kamala Harris.

Di AS, warna tersebut dianggap sebagai simbol bipartisan - kombinasi warna biru dan merah yang masing-masing digunakan oleh Partai Demokrat dan Partai Republik.

Pengambilan sumpah Biden dan Harris berlangsung dalam pengamanan yang sangat ketat, setelah penyerbuan Gedung Capitol oleh pendukung Donald Trump pada 6 Januari yang menyebabkan lima orang meninggal dunia.

Sekitar 25.000 pasukan Garda Nasional berjaga-jaga di seputar upacara pelantikan ini setelah kerusuhan tersebut.

Trump tinggalkan Gedung Putih

Beberapa jam sebelum pelantikan penerusnya, Trump meninggalkan Gedung Putih pada sekitar pukul 08:00 waktu setempat (20:00 WIB).

Ditemani oleh Ibu Negara Melania Trump, Donald Trump meninggalkan Gedung Putih untuk terakhir kalinya dalam masa jabatan itu.

Trump di Gedung

Trump meninggalkan Gedung Putih untuk terakhir kalinya pada Rabu pagi (20/01) waktu Washington. (Reuters)

Mereka selanjutnya menghadiri acara perpisahannya di Pangkalan Gabungan Andrews. Dalam pidato singkat, Trump menggambarkan kesulitan yang dialami selama empat tahun menjadi presiden, demi kepentingan rakyat Amerika.

"Kita berusaha maksimal, sebagaimana istilah yang digunakan di kalangan atlet, kita kerahkan segala daya untuk mengatasi masalah," kata Trump.

"Kita mengalami banyak hambatan, dan kami melewati rintangan-rintangan itu."

Trump juga menyampaikan harapan kepada pemerintahan baru tanpa menyebut nama penerusnya.

"Saya ingin mengucapkan selamat untuk pemerintah baru dan semoga sukses. Saya pikir mereka akan mencapai keberhasilan besar. Mereka sudah mempunyai fondasi untuk melakukan sesuatu yang luar biasa," kata Trump.

Trump bersama istri lantas meninggalkan pangkalan itu dengan menggunakan pesawat Air Force One, diiringi lagu My Way dari Frank Sinatra.

Trump

Presiden Trump menyampaikan pidato perpisahan di Andrews Air Base. (Reuters)

Mereka menuju kediaman pribadi di resor Mar-a-Lago, Palm Beach, Florida.

Pada menit-menit terakhir masa jabatannya, Trump memberikan pengampunan kepada 143 orang termasuk mantan penasihatnya Steve Bannon, yang dituding terlibat penipuan dana kampanye.

Namun Trump tidak memberikan pengampunan kepada dirinya sendiri dan anggota keluarganya.

Lagu Kebangsaan oleh Lady Gaga

Sejumlah pesohor tampil di panggung dalam acara pelantikan presiden baru dan wakilnya.

Lady Gaga membawakan lagu Kebangsaan Nasional dan beberapa saat sebelumnya ia mengaku mendapat kehormatan atas peran itu.

"Niat saya ini adalah mengakui masa lalu kita, menjadi penyembuh di masa sekarang, dan penuh semangat untuk masa depan di mana kita bekerja bersama-sama penuh dengan kasih. Saya bernyanyi untuk semua orang yang menempati tanah ini."

Lady Gaga, pelantikan Biden

Lady Gaga menyanyikan lagu Kebangsaan AS. (Reuters)

Yang juga tampil adalah Garth Brooks dengan lagu Amazing Grace. Penyanyi musik country itu selalu tampil dalam acara pelantikan presiden sejak Jimmy Carter, dengan pengecualian pelantikan Ronald Reagan.

Adapun Amanda Gorman, 22, tercatat sebagai penyair termuda yang pernah tampil dalam upacara pelantikan.

Puisinya, The Hill We Climb, merujuk pada kerusuhan di gedung Capitol pada tanggal 6 Januari, tetapi juga menggarisbawahi tema persatuan yang dipaparkan oleh presiden baru.

"Saya benar-benar ingin menggunakan kata-kata saya sebagai poin persatuan dan kolaborasi serta kebersamaan," jelas Gorman kepada BBC World Service sebelum acara dimulai.

Selebritas lain, Jennifer Lopez tampil sebelum pengambilan sumpah Biden.

Langkah-langkah presiden baru

Biden mengambil sejumlah langkah penting begitu dilantik, termasuk dalam penanganan Covid-19 yang sejauh ini menyebabkan lebih dari 400.000 orang meninggal di AS, angka tertinggi di dunia.

Di antara tugas-tugas pertamanya, Preside Biden menandatangani berita acara pelantikan dan mengeluarkan keputusan untuk membatalkan larangan perjalanan terhadap beberapa negara Muslim, yang diterapkan Donald Trump.

Selain itu, ia mengeluarkan keputusan tentang kewajiban memakai masker di kantor-kantor pemerintah federal.

Biden akan mencabut pembekuan keanggotaan AS di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pakar virologi AS, Dr Antony Fauci akan menghadiri pertemuan WHO pekan ini.

Dalam masalah lingkungan ia akan segera mengambil tindakan secepatnya dalam menangani krisis iklim, termasuk secara resmi akan memasukkan Amerika ke Perjanjian Paris untuk mengatasi pemanasan global.

(ita/ita)