Polisi AS yang Tembak Jacob Blake hingga Lumpuh Tak Didakwa Pidana

BBC Indonesia - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 08:33 WIB
Wisconsin -

Tidak ada polisi yang menghadapi dakwaan atas penembakan Jacob Blake di Kenosha, Wisconsin - sebuah insiden yang memicu protes di Amerika Serikat.

Blake menjadi lumpuh dari bagian pinggang ke bawah setelah ditembak beberapa kali di punggung saat dia masuk ke dalam mobil, tempat ketiga anaknya sedang duduk saat kejadian.

Penembakan Blake, seorang pria kulit hitam, oleh polisi kulit putih bernama Rusten Sheskey pada 23 Augustus tahun lalu memperburuk ketegangan rasial di AS.

Dua orang tewas dan seorang terluka dalam penembakan lainnya di Kenosha beberapa hari kemudian.

Kyle Rittenhouse, yang sekarang berusia 18 tahun, membantah enam tuduhan termasuk pembunuhan sembrono tingkat pertama dalam penembakan di Kenosha.

Rangkaian tuduhan itu disampaikan ketika dia menghadiri sidang virtual dengan pengacaranya, Mark Richards, pada Selasa (05/01).

Rittenhouse termasuk di antara banyak warga sipil bersenjata yang turun ke kota sebagai tanggapan atas seruan dari milisi sayap kanan untuk menghadapi para demonstran setelah Jacob Blake ditembak.

Mengapa tidak ada dakwaan terhadap polisi?

Jaksa Wilayah Kenosha, Michael Graveley, mengumumkan bahwa tidak ada tuntutan pidana yang akan diajukan terhadap Sheskey.

Penembakan itu terekam dalam video oleh seseorang yang kebetulan sedang melintas.

Jaksa wilayah itu mengatakan dia "harus menyangkal penjelasan dari para petugas ini bahwa mereka saat itu harus menembakkan senjata untuk membela diri".

"Saya tidak percaya negara... akan dapat membuktikan bahwa hak membela diri tidak tersedia," katanya, dikutip oleh Associated Press.

Graveley menambahkan bahwa dia telah memberi tahu Blake tentang kabar tersebut sebelum mengumumkan keputusannya secara terbuka.

Apakah Jacob Blake bersenjata?

Serikat polisi Kenosha mengatakan Blake ketika itu memegang pisau dan Sheskey telah memerintahkannya beberapa kali untuk meletakkannya tetapi dia menolak.

Pengacara polisi itu, Brendan Matthews, mengatakan Sheskey menembak karena Blake mulai berbalik ke arahnya sambil memegang pisau.

Namun, penyelidik negara hanya mengatakan bahwa para petugas telah melihat pisau itu di lantai mobil dan tidak mengatakan apakah Blake mengancam siapa pun dengan pisau itu.

Para petugas polisi yang terlibat tidak dilengkapi dengan kamera tubuh.

Orang yang merekam video insiden penembakan itu, Raysean White, mengatakan kepada CNN bahwa sebelum dia mulai merekam, dia telah melihat polisi bergulat, meninju, dan menggunakan senjata sengatan listrik terhadap Blake.

Saat itulah dia mulai merekam. Blake terlihat berjalan di sekitar bagian depan mobil SUV. Dua petugas yang paling dekat dengan Blake pada saat ini dalam video itu adalah laki-laki kulit putih.

Saat dia membuka pintu dan mulai masuk ke dalam mobil, seorang petugas terlihat meraih kemejanya dan melepaskan tembakan. Tujuh tembakan dapat didengar dalam video tersebut, dan para saksi berteriak.

White mengatakan kepada AP bahwa dia mendengar petugas polisi berteriak, "Jatuhkan pisau!" sebelum terdengar suara tembakan tetapi mengatakan dia tidak melihat pisau di tangan Blake.

Apa yang sekarang terjadi dengan Kyle Rittenhouse?

Rittenhouse dituduh menembak mati Joseph Rosenbaum dan Anthony Huber, dan melukai seorang ketiga, saat kerusuhan di jalanan - insiden yang juga sebagian terekam dalam video.

Rittenhouse mengatakan ketiga pria itu menyerangnya dan dia menembak untuk membela diri.

Pemilihan juri untuk persidangannya akan dimulai pada akhir Maret.

(nvc/nvc)