Wajah Baru Stasiun Tersibuk di AS Kembalikan Kemegahan Masa Lalu

BBC Indonesia - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 15:01 WIB
Jakarta -

Area terbuka di stasiun Penn, terletak di kantor pos Farley yang berseberangan dengan stasiun Penn.

Area terbuka di stasiun Penn, terletak di kantor pos Farley yang berseberangan dengan Stasiun Penn. (Reuters)

Selama beberapa dekade, stasiun Penn di New York City, Amerika Serikat, terkenal di seluruh dunia karena memberikan pengalaman yang ramai, lembap, dan umumnya, tidak menyenangkan bagi para pengunjungnya.

Tapi kini, desain baru yang diresmikan pada Rabu (30/12) bertujuan untuk mengembalikan kejayaan dan memperbaiki kerugian yang disebabkan ketika bangunan asli stasiun yang megah dihancurkan pada 1963.

Menelan biaya US$16 miliar, atau sekitar Rp222,5 triliun, aula terbuka Moynihan Train Hall dibangun di kantor pos Farley yang berlokasi di seberang Stasiun Penn.

Stasiun itu beroperasi pada 1 Januari 2021.

stasiun PennStasiun Penn yang asli diganti dengan stasiun bawah tanah, tetapi sebagian besar pengunjungnya tidak menyukainya. (Getty Images)

Dinamai seperti nama Senator Daniel Patrick Moynihan, yang pada 1990-an mempromosikan ide menggunakan bangunan kantor pos untuk Stasiun Penn, yakni aula baru di stasiun tersibuk di AS ini telah lama ditunggu.

Diterangi oleh cahaya alami dan karya seni, aula itu mengingatkan kembali atas kejayaan stasiun kereta di masa lampau.

Bangunan Stasiun Penn dibangun pada 1910, pada masa kejayaan kereta api, dan kemewahannya cocok dengan ambisi besar Amerika akan masa depan negara itu.

Penn Station's colonnaded exterior in its early decadesEksterior pilar Penn Station pada awal dekade berdirinya stasiun itu. (Getty Images)

Dibangun oleh perusahaan arsitektur McKim, Mead an White, gedung stasiun yang megah memiliki pilar bergaya Doric, atap setinggi 45 meter dengan dinding dari batu yang sama untuk membangun Coliseum.

Foto-foto arsip interior menunjukkan ruangan berkubah tinggi, dengan cahaya masuk dan menerangi berbagai fitur bangunan stasiun yang elegan.

Penn Station in 1910, the year it was builtStasiun Penn pada 1910, tahun ketika stasiun itu dibangun. (Getty Images)

Namun seiring waktu, pemeliharaannya terbukti mahal dan permintaan lahan di Manhattan meningkat.

Pada 1960-an, pemilik menjual bangunan itu untuk dijadikan jalan bagi pengembangan Madison Square Garden dan stasiun itu diratakan dengan tanah menggunakan buldoser

Hanya segelintir arsitek lokal yang berduka atas kehilangannya, tetapi duka itu berubah menjadi aksi ketika pada 1968 mereka dihadapkan dengan ancaman penghancuran stasiun lain, Grand Central.

Sekelompok aktivis turut serta dalam aksi menentang penghancuran stasiun itu.

Komisi Pelestarian Bangunan Terkenal New York yang baru, dibuat menggunakan undang-undang yang disebut Undang-Undang Tengara Tanah untuk menyelamatkan Grand Central dan ratusan bangunan bersejarah lainnya.

Saat ini, undang-undang tersebut melindungi 1.400 tengara tanah, 115 interior dan 109 distrik bersejarah, serta 10 tengara tanah yang indah, termasuk Central Park.

Hampir 30% bangunan Manhattan dilindungi.

Just a few activists and architects tried to stop the bulldozing of the station in 1963Hanya segelintir aktivis dan arsitek yang mencoba menghentikan penghancuran stasiun Pen pada 1963. (Getty Images)

Namun sudah terlambat menyelamatkan Stasiun Penn dan selama lebih dari 50 tahun, komuter dan pelancong jarak jauh terpaksa menjejalkan diri ke stasiun bawah tanah yang dibangun dari beton dan dipenuhi dengan lampu neon.

Banyak proposal diajukan untuk membangun sebuah area terbuka yang sesuai dengan sejarah stasiun tersebut, namun tidak berhasil selama bertahun-tahun.

After the original was bulldozed, a new station was built in the 1960sGetty ImagesSetelah bangunan aslinya dihancurkan, bangunan stasiun baru dibangun pada 1960an.

Pemugaran ini digagas oleh Senator Moynihan pada tahun 1990-an yang menyadari bahwa gedung kantor pos di seberang Penn Station, yang dibangun dengan gaya yang mirip dengan aslinya pada tahun 1912, dapat berfungsi sebagai aula kereta api yang baru.

Proyek yang membutuhkan renovasi fasad yang terbuat dari batu dan 700 jendela di Kantor Pos Farley, didorong oleh Gubernur New York Andrew Cuomo.

The new hall will serve Amtrak passengers nationally as well as the Long Island rail road

Aula baru tersebut akan melayani penumpang Amtrak secara nasional serta jalur rel Long Island. (Reuters)

Dengan layanan Wi-Fi gratis, ruang perawatan untuk orang tua, serta ruang untuk pertokoan dan restoran, Cuomo menyebut pembukaan aula sebagai "suntikan harapan" pada saat yang sulit bagi kota selama pandemi virus corona.

"Ini berbicara tentang hari-hari yang lebih cerah di masa depan ketika kita akan dapat berkumpul, berpapasan satu sama lain dan berbagi ruang yang sama tanpa rasa takut," katanya.

(ita/ita)