Maradona Tak Tinggalkan Surat Wasiat, Pembagian Warisan Diperkirakan Kacau

BBC Indonesia - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 16:20 WIB
Maradona bersama putrinya, Dalma pada tahun 1989. (Getty Images)
Jakarta -

Portofolio properti, hak cipta foto yang mendatangkan banyak uang, dan tank amfibi dari Belarus.

Itu hanyalah sebagian dari harta Diego Maradona yang dilaporkan.

Legenda sepak bola Argentina itu meninggal dunia pekan lalu pada usia 60 tahun, meninggalkan harta warisan yang rumit - mirip dengan kehidupan pribadinya yang bermasalah.

Sejak kematian Maradona, muncul banyak spekulasi tentang harta dan ahli warisnya.

Maradona meninggalkan keluarga besar, menjadi ayah setidaknya delapan anak dari hubungannya dengan enam perempuan berbeda. Harta peninggalannya diperkirakan akan dibagi rata di antara anak-anak itu.

Namun karena dilaporkan tak menyiapkan surat wasiat, para ahli hukum dan wartawan mengatakan pembagian warisan tidak akan semudah yang diharapkan.

Mereka memperkirakan akan terjadi perebutan warisan berlarut-larut melalui jalur pengadilan, tes DNA dan klaim orang-orang yang mengaku anak Maradona untuk mengambil keuntungan, seiring dengan upaya para pengacara menghitung berapa sebenarnya nilai kekayaan Maradona.

Maradona, Claudia Villafane (kiri) dan putri-putri pada tahun 2008

Maradona bersama mantan istri Claudia Villafane (kiri) dan putri-putri mereka dalam acara festival film Cannes pada tahun 2008. (Getty Images)

"Saya perkirakan proses warisan ini akan kacau," kata Elias Kier Joffe, seorang pengacara di ibu kota Argentina, Buenos Aires, kepada BBC. "Saya menduga ini akan memerlukan waktu untuk mengurusnya."

Siapa saja anak-anak Maradona?

Pengakuan Maradona sebagai ayah dari sejumlah anak merupakan hal biasa di masa hidupnya yang berliku-liku.

Salah seorang putrinya pernah bercanda bahwa mantan penyerang itu hampir bisa membentuk tim sepak bola sendiri dimulai dengan 11 keturunannya.

Selama bertahun-tahun, Maradona membantah mempunyai anak-anak lain kecuali Gianinna, 31, dan Dalma, 33, dua anak dengan mantan istrinya Claudia Villafae.

Ia menceraikan Villafae pada tahun 2003 sesudah menjalin rumah tangga selama hampir 20 tahun.

Pada akhirnya, pemain yang mengantarkan Argentina menjuarai Piala Dunia tersebut mengaku mempunyai enam anak lain.

Maradona bersama dua putrinya Dalma dan Giannina

Maradona mempunyai dua putri, Dalma dan Gianinna, dari pernikahannya dengan Claudia Villafae, yang telah diceraikan. (Getty Images)

Maradona mengakui Diego Junior, 34, dan Jana, 24, sebagai keturunannya pada pertengahan tahun 2010-an sesudah gugatan di pengadilan yang dilayangkan oleh ibu-ibu mereka.

Maradona menjalin hubungan di luar nikah dengan kedua perempuan itu.

Kelahiran putra keduanya, Diego Fernando, pada tahun 2013 tidak diwarnai sengketa.

Maradona dan putranya Diego Junior Getty Images Maradona secara terbuka mengakui Diego Junior (kanan) sebagai putranya pada tahun 2016. Maradona da Jana Maradona menonton pertandingan pada 2015Getty ImagesJana (kanan) adalah putri ketiga Maradona setelah Dalma dan Gianinna.

Kejutan muncul pada tahun 2019, ketika pengacara Maradona mengatakan kliennya setuju mengaku sebagai ayah dari tiga anak yang dilahirkan di Kuba, tempat ia menjalani penyembuhan kecanduan kokain selama beberapa tahun mulai 2000.

Itulah situasi terbaru.

Tetapi sekarang, setidaknya terdapat dua lagi anak - Santiago Lara, 19 dan Magal Gil, 23, warga Argentina - yang meyakini Maradona adalah ayah mereka.

Kedua menyatakan mereka menempuh jalur hukum untuk mengukuhkan klaim mereka, langkah yang diperlukan untuk menuntut warisan.

A graphic showing Maradona's family treeBBC

Sesungguhnya, pengacara Lara telah meminta pengadilan untuk membongkar makam Maradona guna mengambil sampel untuk keperluan uji DNA.

Sekalipun demikian, jika Lara dan Gil berhasil membuktikan ayah mereka adalah Maradona, tidak jelas berapa besar bagian yang akan mereka terima.

Berapa perkiraan nilai kekayaan Maradona?

Sejauh ini tidak ada data menyeluruh tentang jumlah kekayaan Maradona, tetapi dalam sejumlah laporan spekulatif, media pemberitaan menggunakan dua metrik.

Metrik pertama menaksir nilai total aset Maradona mulai dari mobil sport hingga perhiasan.

Nilai harta warisan antara US$75 juta (sekitar Rp1,1 triliun) hingga US$100 juta (sekitar Rp1,4 triliun) adalah perkiraan yang banyak dikutip dalam laporan media Argentina.

Tanpa menyebut sumbernya, perkiraan itu dicantumkan dalam tulisan Julio Chiappetta. Ia adalah seorang wartawan olahraga yang dekat dengan Maradona.

Ukuran kedua adalah dengan menghitung kekayaan bersih, yang didapat dari menghitung total seluruh aset dikurangi dengan kewajiban.

Di saat kematiannya, kekayaan bersih Maradona ditaksir US$500.000 atau sekitar Rp7 miliar, menurut Celebrity Net Worth, situs yang melaporkan kekayaan orang-orang kaya.

Situs itu mengatakan perkiraan kekayaan bersih seseorang berlandaskan pada "analisis keuangan, riset pasar, dan sumber-sumber lingkaran dalam".

Di antara aset Maradona yang ramai diberitakan adalah:

  • Setidaknya lima rumah di Argentina, tetapi "bukan rumah besar ala Beverly Hills"
  • Mobil Rolls Royce Ghost bernilai sekitar US$360.000 dan BMW i8 bernilai sekitar US$175.000
  • Kendaraan amfibi Hunter Overcomer yang dihadiahkan kepadanya dalam lawatan ke Belarus
  • Sebuah cincin berlian seharga US$360.000
  • Kontrak yang mengizinkan Konami menggunakan kemiripan Maradona dalam gim video Pro Evolution Soccer

Maradona di Belarus

Maradona diarak dengan kendaraan ATV dalam kunjungan ke Belarus pada tahun 2018. (Getty Images)

Celebrity Net Worth melaporkan Maradona menerima "puluhan juta dolar dari gaji dan bayaran sponsor" selama kariernya sebagai pemain dan manajer.

Sebagian besar kekayaan ini berasal dari kontraknya dengan klub sepak bola Italia, Napoli. Berdasarkan laporan New York Times tahun 1990, Maradona mengumpulkan gaji US$3 juta, ditambah US$8 juta hingga US$10 dalam bentuk pembayaran sponsor.

Mural Maradona

Penggemar Maradona menyematkan banyak nama sebutan, termasuk "Dios", yang berarti Tuhan. (Getty Images)

Italia berhasil membuat Maradona kaya dan sekaligus bangkrut, memberikan sesuatu dengan satu tangan dan kemudian mengambilnya dengan tangan lain.

Pada tahun 2005, pemerintah Italia mengatakan Maradona berhutang $48,6 juta dalam bentuk penunggakan pajak sejak ia masih bermain untuk klub Napoli.

Hingga kini sebagian besar tunggakan itu belum dilunasi.

Maradona menolak membayarnya dan, kalau pun ia masih hidup, mungkin akan tetap tidak mau membayarnya. Namun demikian, tagihan pajak ini masih tetap menjadi kewajiban besar.

Hal itu juga dipertimbangkan dalam estimasi yang disusun oleh Celebrity Net Worth, sehingga kekayaan bersih Maradona hanya US$500.000.

Maradona ketika masih bermain di Napoli

Maradona dielukan-elukan di Napoli karena berhasil mengantarkan klub tersebut sebagai juara. (Getty Images)Diego Maradona dalam pesta Hotel Conrad pada tahun 1999 Punta del Este, Uruguay.

Maradona diketahui suka bergaya hidup mewah, termasuk menghadiri pesta-pesta seperti di Uruguay ini. (Getty Images)

Seorang teman yang merupakan wartawan Argentina, Luis Ventura, mengatakan kebiasaan pengeluaran uang Maradona yang tidak pernah ditutup-tutupi telah menyedot kekayaannya. Ketika tampil dalam acara sore di televisi Fantino, Ventura ditanya apakah Maradona "meninggal dunia dalam keadaan miskin".

"Terang saja miskin," kata Ventura. "Ia senang membelanjakan uang, dan ketika seseorang memintanya uang, ia memberikannya."

Bagaimana pembagian warisan Maradona?

Sepanjang hidupnya Maradona terlibat dalam sengketa terbuka dengan mantan-mantan kekasih dan anak-anaknya. Semua pihak menyuarakan keluhan mereka melalui media sosial atau televisi Argentina.

Kekayaan dan kesehatan Maradona seringkali menjadi sumber percekcokan. Pada November 2019, misalnya, Maradona menyinggung harta warisannya setelah putrinya, Gianinna, menyampaikan keprihatinan atas kesehatan sang ayah di media sosial.

"Saya katakan kepadamu semua bahwa saya tidak akan meninggalkan apapun, saya akan menyumbangkannya," kata Maradona dalam video yang diunggah ke YouTube.

Maradona bersama putrinya GianinnaGetty ImagesMaradona bersama putrinya Gianinna.

Namun berdasarkan hukum Argentina, seseorang hanya dapat menyumbangkan maksimal sepertiga asetnya dalam wasiat, sedangkan sisanya dibagikan kepada keturunan atau pasangan.

Karena Maradona tampaknya tidak meninggalan surat wasiat, dan tidak mempunyai pasangan di saat kematiannya, maka dalam teori, anak-anaknya lah yang seharusnya menerima bagian setara dari seluruh aset yang ditinggalkan.

"Kebiasaan yang di Argentina adalah tidak membuat surat wasiat. Mayoritas orang tidak melakukannya," kata Joffe, seorang pengacara di Buenos Aires.

BBC telah menghubungi pengacara Maradona, Matas Morla, untuk menanyakan perihal surat wasiat ini dan juga hal-hal lain terkait warisan, tetapi hingga berita ini diturunkan belum mendapat jawaban.

Tanpa surat wasiat, persoalan bisa lebih teknis.

Dalma (kiri) dan Giannina, meninggalkan istana Casa RosadaGetty ImagesKeluarga Maradona tampak sedih ketika meninggalkan istana presiden Argentina, tempat jenazah disemayamkan.

Para ahli waris Maradona - baik yang diakui atau tidak- dapat mengajukan tuntutan bagian warisan ke pengadilan sembilan hari setelah kematiannya pada tanggal 25 November.

Laporan-laporan media Argentina menyebutkan Jana, putri ketiga Maradona, tercatat sebagai orang pertama yang telah menempuh langkah itu.

Hakim kemudian akan memutuskan "siapa yang akan mendapat apa" sebelum menerbitkan hal yang disebut deklarasi ahli waris, kata Sebastian Limeres, pengacara yang ahli menangani warisan, kepada BBC.

Proses ini diperkirakan memerlukan waktu berbulan-bulan.

Sementara ini, "kita tidak dapat memperkirakan apakah para ahli waris akan berhubungan baik," jelas Limeres.

Bagaimanapun juga, kita tidak bisa memilih siapa keluarga kita. Hal itu, menurut sebagian orang, ditentukan oleh tangan Tuhan.

(ita/ita)