Tugu Logam Misterius di Gurun AS Menghilang, Apa yang Terjadi?

BBC Indonesia - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 10:20 WIB
Jakarta -

Tugu logam misterius yang ditemukan pekan lalu di gurun pasir di Negara Bagian Utah, Amerika Serikat, telah menghilang, kata para pejabat.

Biro Pengelolaan Tanah Utah mengatakan pihaknya telah melihat laporan-laporan kredibel bahwa objek tersebut telah dipindahkan "oleh pihak tidak dikenal".

Sejumlah gambar yang diunggah di media sosial dari situs tersebut menunjukkan tumpukan batu dan sepotong kecil logam yang tertinggal di lokasi itu.

Penemuan tugu logam setinggi 3,7 meter tersebut membuat publik penasaran dan memicu spekulasi di kalangan masyarakat tentang asal-usul benda tersebut. Puluhan orang juga telah berkunjung ke lokasi itu dalam beberapa hari terakhir.

Tugu logam tersebut pertama kali ditemukan pada 18 November oleh awak helikopter yang menghitung kambing bertanduk dari udara, di daerah terpencil tenggara Utah.

Berita tentang penemuan tugu itu, serta spekulasi tentang asal-usulnya, dengan cepat menjadi viral di media sosial dan banyak pengamat menganggapnya sebagai instalasi seni yang ditinggalkan oleh seorang pemahat patung.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas pemasangan tugu tersebut.

Ryan Bacher, seorang pilot helikopter asal Utah yang mengunjungi situs tersebut pada Jumat sore lalu, mengatakan kepada stasiun televisi lokal KSL bahwa ketika temannya kembali keesokan harinya, tugu itu telah hilang.

"Dua puluh empat jam kemudian, teman dekat saya, yang juga seorang pilot helikopter, menerbangkan keluarganya untuk melihat tugu itu juga dan melihatnya sudah dibongkar," katanya, sambil menambahkan bahwa dia ingin tahu siapa yang melakukannya.

Biro Pengelolaan Tanah negara bagian itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak menghilangkan "struktur yang dianggap milik pribadi".

"Kami tidak menyelidiki kejahatan yang melibatkan barang milik pribadi yang ditangani oleh kantor sheriff setempat," tambahnya.

Beberapa orang mengunggah gambar di media sosial yang dikatakan berasal dari situs tersebut, sambil berpose dengan sisa-sisa dari tugu logam itu.

Ada spekulasi monolit ini dipasang seniman.

Ada spekulasi monolit ini dipasang oleh seniman. (Utah Department of Public Safety)

'Lokasi tugu terungkap'

Sebelumnya, seorang warga AS menyatakan menemukan tugu misterius itu setelah pihak berwenang mengumumkan keberadaannya pada Senin (23/11), namun tidak mengungkap lokasinya.

Sengaja tidak diungkap karena pemerintah khawatir pengungkapan lokasi akan mendorong warga biasa pergi ke sana dan tersesat di tengah jalan, karena lokasinya yang terpencil.

Namun, tentu saja terbuka kemungkinan anjuran ini tidak diindahkan.

Hanya diperlukan waktu 48 jam bagi David Surber, warga Amerika Serikat, untuk menemukan lokasi tugu tersebut.

Pada hari Rabu (25/11), muncul foto-foto di Instagram yang menunjukkan beberapa orang sudah menemukan lokasinya dan mengambil foto.

Mereka ini terbantu oleh pengguna internet yang mencari informasi berbekal data di Google Earth dan kemudian membagikan koordinatnya.

"Saya memutuskan untuk ke sana karena terdorong oleh fakta bahwa objek ini telah ada di sana selama lima tahun, [sekaan] tertutupi oleh alam," kata Surber, laki-laki berusia 33 tahun yang pernah berdinas di militer Amerika.

Ia menyetir kendaraan selama enam jam pada malam hari setelah ada unggahan di situs Reddit yang mengklaim lokasi koordinat tugu logam tersebut sudah diketahui.

Tugu logam ini ditemukan di gurun pasir Utah oleh awak helikopter yang tengah mengitari daerah itu pada tanggal 18 November.

Pengguna Reddit, Tim Slane, mengunggah lokasi koordinat setelah melacak jalur penerbangan helikopter hingga menghilang dari radar, tanda bahwa helikopter ini mungkin mendarat.

Setelah itu ia mencermati foto-foto dan video tugu misterius tersebut. Dari analisis ini, dan ditambah dengan foto-foto satelit, didapat koordinat lokasi.

"Saya tahu, begitu lokasi tugu terungkap, orang-orang pasti akan ke sana," ujar Slane.

Ia sempat menerima pesan-pesan bernada marah karena mengungkap lokasi tugu, namun ia mengatakan, "Kalau pun saya tak menemukan lokasinya, orang lain pasti akan melakukannya cepat atau lambat."

Membuat bingung

Saat ditemukan, tugu logam ini membuat para petugas bingung.

Para petugas penjaga satwa liar melihat benda "tak biasa" itu saat tengah menghitung kambing ketika terbang di kawasan terpencil di tenggara AS itu.

Mereka mengatakan struktur logam itu dipasang di antara tebing batu merah.

Tak ada indikasi siapa yang memasang monolit setinggi sekitar 3,6 meter itu.

Dalam wawancara dengan saluran televisi setempat KSLTV, pilot helikopter, Bret Hutchings, mengatakan "benda itu yang paling aneh yang pernah saya lihat selama pengalaman terbang bertahun-tahun".

Kambing bertanduk di gurun pasir Utah.

Kambing bertanduk di gurun pasir Utah. (Utah Department of Public Safety)

Hutchings mengatakan seorang pakar biologi yang tengah menghitung kambing bertanduk dari helikopter merupakan orang pertama yang melihat monolit itu dari helikopter.

"Dia langsung bilang, sebentar, sebentar ... coba balik, coba balik, dan saya tanya kenapa, dan dia bilang, 'ada benda besar, harus kita lihat'," kata Hutchings.

Hutchings berspekulasi tugu itu mungkin dipasang "sejumlah seniman aliran baru" atau penggemar film 2001: A Space Odyssey, karya sutradara Stanley Kubrick yang dirilis pada 1968 silam.

Tugu hitam yang dipasang oleh makhluk luar angkasa, termasuk bagian dalam film tersebut yang didasarkan pada novel Arthur C Clarke.

Badan keamanan publik Utah menerbitkan foto benda itu minggu lalu.

Lembaga tersebut mengatakan pemerintah negara bagian akan menentukan apakah mereka "perlu melakukan penyelidikan lebih lanjut atau tidak".

"Merupakan tindakan ilegal untuk memasang struktur atau instalasi seni tanpa izin di tanah umum, dari planet manapun Anda berasal," kata badan itu.

Namun badan itu tidak mengungkap lokasi persisnya monolit itu karena khawatir ada yang ingin mencari dan "tersesat".

Kambing bertanduk yang dihitung petugas banyak ditemukan di Utah selatan.

A map showing where Utah is in the US

BBC

Sejauh ini belum ada yang mengaku memasang struktur itu.

Untuk mencari informasi, petugas patroli jalan raya Utah mengunggah tulisan di Instagram, "Ingin tahu, ini apa ya? Ada yang tahu?"

Sebagian pengamat mengatakan monolit itu adalah instalasi yang dibuat oleh pematung. Ada juga yang mengatakan, monolit itu karya seniman minimalis, John McCracken, yang telah meninggal.

https://twitter.com/TheArtNewspaper/status/1331041750811635712

Namun sejumlah orang di Twitter mengaitkan dengan makhluk luar angkasa.

https://twitter.com/Tinu/status/1331142164429103111

https://twitter.com/Eveial/status/1331122899588161537

(ita/ita)