Pertama Kali di Masa Pandemi Corona, Umat Muslim Dunia Bisa Umrah

BBC Indonesia - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 10:16 WIB
Jakarta -

Umat Muslim dari berbagai negara diperbolehkan masuk ke Masjidil Haram di Mekah untuk pertama kalinya sejak ibadah tersebut dihentikan tujuh bulan lalu akibat pandemi virus corona.

Muslim tetap menjaga jarak sosial yang aman ketika menjalankan ibadah Umrah di Masjidil Haram pada 1 November 2020

Umat Islam tetap menjaga jarak sosial yang aman ketika menjalankan ibadah Umrah di Masjidil Haram pada 1 November 2020 (Reuters)

Sejak Minggu (01/11), sekitar 10.000 umat Muslim dari luar negeri diizinkan untuk menjalankan ibadah umrah.

Muslims keep a safe social distance while performing Umrah at the Grand Mosque on 1 November 2020

Muslim tetap menjaga jarak sosial yang aman ketika menjalankan ibadah Umrah di Masjidil Haram pada 1 November 2020 (Reuters)

Namun, mereka wajib untuk melakukan isolasi diri selama tiga hari setelah tiba di Arab Saudi sebelum diperbolehkan untuk mengelilingi Ka'bah, tempat suci umat Islam yang berada di pusat Masjidil Haram.

Muslims keep a safe social distance while performing Umrah at the Grand Mosque on 1 November 2020

Reuters

Pemerintah Arab Saudi melaporkan 347.282 kasus Covid-19 dengan jumlah kematian 5.402 sejak pandemi dimulai. Sebanyak 333.842 orang di antaranya dinyatakan sembuh.

Arab Saudi secara bertahap membuka kembali masjid-masjidnya sebagai bagian dari pelonggaran pembatasan di seluruh kerajaan.

Muslims keep a safe social distance while performing Umrah at the Grand Mosque on 3 October 2020

Para jemaah juga diwajibkan menggunakan masker (Reuters)

Warga Saudi diizinkan untuk menjalankan umrah pada Oktober, dan jumlahnya dinaikkan untuk menampung jemaah dari luar negeri bulan ini.

Muslim pilgrim wears a face mask during the Umrah pilgrimage on 3 October 2020

Jemaah yang datang menggunakan masker. (Reuters)

Hanya sebanyak 10.000 penduduk Muslim Saudi yang diizinkan untuk menjalankan ibadah haji pada Juli tahun ini, jauh lebih kecil dari jutaan orang yang pada tahun-tahun sebelumnya mengambil bagian dalam ibadah haji, seperti foto pada 2016 di bawah ini.

Thousands of Muslim pilgrims circule around the Kaaba during the Hajj in September 2016Kegiatan Haji pada 2016 di mana diikuti jutaan muslim dari seluruh dunia. (EPA)

(ita/ita)