Siapa Perempuan yang Ditangkap karena Mengirim Racun Risin ke Trump?

BBC Indonesia - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 12:45 WIB
Jakarta -

The White House south facade, in Washington, DC

Surat berisi racun itu diamankan sebelum sempat dikirim ke Gedung Putih. (Getty Images)

Seorang perempuan ditangkap karena dicurigai mengirim paket berisi racun risin kepada Presiden AS Donald Trump, menurut pejabat imigrasi AS.

Perempuan yang tidak disebutkan namanya itu ditemukan di perbatasan di Buffalo, New York, ketika dia mencoba memasuki AS dari Kanada, dan dilaporkan membawa senjata.

Surat yang berisi racun mematikan itu diyakini berasal dari Kanada, kata penyidik di sana.

Surat itu diamankan minggu lalu sebelum mencapai Gedung Putih.

Risin, racun yang ditemukan secara alami dalam biji jarak, telah digunakan dalam upaya serangan lain terhadap Gedung Putih dalam beberapa tahun terakhir.

Pemerintah AS belum mengomentari laporan tersebut.

Biro Investigasi Federal (FBI) dan Dinas Rahasia sedang menyelidiki isi paket tersebut, yang sebelumnya ditemukan di fasilitas pemrosesan surat yang akan dikirim ke Gedung Putih.

"Saat ini, tidak ada ancaman yang ditemukan terkait keselamatan publik," kata FBI kepada CNN, Sabtu.

Siapa saja yang dikirim paket berisi racun risin?

Tersangka juga sudah mengirim risin ke lima alamat di Texas, termasuk penjara dan kantor kepolisian setempat, menurut keterangan polisi.

Kehadiran racun ricin dikonfirmasi setelah beberapa tes dilakukan oleh FBI, kata pihak berwenang.

Polisi Berkuda Kanada (RCMP) mengatakan pada hari Sabtu bahwa pihaknya sedang bekerja dengan FBI untuk menyelidiki "surat mencurigakan yang dikirim ke Gedung Putih".

Seorang juru bicara departemen kepolisian Mission, Texas, mengatakan kepada Associated Press pada hari Senin bahwa amplop yang diduga berisi racun itu telah diurus oleh pejabat lokal dan tidak ada yang terluka.

Kepala kepolisian Texas lainnya, Eddie Guerra di Hidalgo County, juga mengkonfirmasi bahwa amplop dengan risin telah dikirimkan kepada staf di sana, tetapi melaporkan tidak ada yang luka.

Divisi RCMP di Quebec memimpin pencarian tempat tinggal di pinggiran Montreal St-Hubert, yang menurut pihak berwenang pada hari Senin mungkin terkait dengan tersangka.

Tim bahan kimia dan bahan peledak kepolisian ada di lokasi, bersama dengan polisi setempat dan unit pemadam kebakaran.

Tersangka akan hadir di pengadilan pada hari Selasa di Buffalo.

Apa yang terjadi jika risin ditelan atau dihirup?

Risin adalah zat mematikan yang jika tertelan, dihirup atau disuntikkan, dapat menyebabkan mual, muntah, pendarahan internal dan akhirnya kegagalan organ.

Belum ada obat penawar untuk risin. Jika seseorang terpapar risin, kematian dapat terjadi dalam 36 hingga 72 jam, tergantung pada dosis yang diterima, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Castor seeds, which are used to make the deadly ricin poison

Biji jarak digunakan untuk membuat racun risin (Getty Images)

CDC mengatakan racun - yang telah digunakan dalam plot teror itu- dapat dibuat menjadi senjata dalam bentuk bubuk, kabut, atau pelet.

Siapa pejabat AS yang pernah dikirim racun risin?

Gedung Putih dan sejumlah gedung federal lainnya pernah menjadi sasaran paket berisi racun risin di masa lalu.

Pada 2014, seorang pria asal Mississippi, AS dijatuhi hukuman 25 tahun penjara karena mengirim surat yang ditaburi risin kepada mantan Presiden Barack Obama dan pejabat lainnya.

Empat tahun kemudian, pada 2018, seorang veteran Angkatan Laut didakwa mengirim surat beracun ke Pentagon dan Gedung Putih.

(ita/ita)