Terkubur 2.500 Tahun, Puluhan Peti Mati Kuno Ditemukan di Mesir

BBC Indonesia - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 09:37 WIB
Jakarta -

Beberapa peti mati ditemukan di kuburan kuno dekat Kairo, Mesir, Rabu(09/09).Terdapat 27 peti mati ditemukan bulan ini. (EPA)

Para arkeolog telah menemukan sebanyak 27 sarkofagus atau peti mati yang terkubur lebih dari 2.500 tahun di sebuah tempat pemakaman Mesir kuno.

Puluhan peti mati kayu berusia ribuan tahun ini disebut oleh para ahli sebagai salah satu penemuan terbesar dari jenisnya yang pernah dilakukan.

Sarkofagus itu digali oleh arkeolog dari dalam sumur yang baru ditemukan di situs suci di Saqqara, selatan ibu kota, Kairo, Mesir.

Tiga belas peti mati telah diangkat awal bulan ini, dan 14 peti mati lainnya menyusul, kata para pejabat.

Gambar yang dirilis menunjukkan peti mati kayu dicat warna-warni yang diawetkan dengan baik dan artefak kecil lainnya.

Saqqara adalah situs kuburan aktif selama lebih dari 3.000 tahun dan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Salah satu peti mati dari kompleks pemakaman di pekuburan kuno Saqqara

Salah satu peti mati yang terawat baik dari kompleks pemakaman di pekuburan di Saqqara (EPA)

"Studi awal menunjukkan bahwa peti mati ini benar-benar tertutup dan belum dibuka sejak dikuburkan selama ribuan tahun," kata Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.

'Lebih banyak rahasia'

Sebelum pernyataan itu disampaikan, Menteri Purbakala Mesir Khaled al-Anani awalnya sempat menunda pengumuman penemuan itu sampai dia bisa mengunjungi situs itu sendiri, dan mengucapkan terima kasih kepada staf karena bekerja dalam kondisi sulit di sumur sedalam 11 meter (36 kaki).

Peti mati ditemukan di sumur sedalam 11 meter (36 kaki), yang diakses dengan tali.EPAPara pekerja harus mengakses sumur dalam melalui sebuah tali.

Penggalian terus berlanjut di situs tersebut karena para ahli berusaha untuk mencari tahu lebih detail tentang asal-usul peti mati.

Sebuah tim arkeolog dan ahli dari Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir baru-baru ini menemukan kompleks pemakaman di pekuburan Saqqara, berisi peti mati tertutup yang diawetkan dengan baik, terbuat dari kayu, dan diyakini berasal dari sekitar 2.500 tahun yang lalu.

Para ahli mengatakan peti mati itu belum dibuka sejak dikuburkan (EPA)

Kementerian barang antik Mesir mengatakan pihaknya berharap dapat mengungkap "lebih banyak rahasia" pada konferensi pers dalam beberapa hari mendatang.

Artefak lain yang ditemukan di sekitar peti mati kayu juga tampaknya dibuat dengan baik dan didekorasi dengan warna-warni.

Anda juga mungkin tertarik dengan:

Pada November lalu, sejumlah besar hewan mumi (diawetkan) yang ditemukan pada 2018 oleh para arkeolog di dekat "Step Pyramid' Saqqara ditampilkan kepada publik untuk pertama kalinya.

Penemuan itu termasuk mumi kucing, buaya, ular kobra, dan burung.

Saqqara, yang terletak sekitar 30 kilometer (18 mil) di selatan Kairo, adalah makam kuno yang berfungsi sebagai pekuburan nekropolis Memphis, ibu kota Mesir kuno, selama lebih dari dua ribu tahun.

Dalam beberapa tahun terakhir, Mesir telah meningkatkan promosi penemuan arkeologisnya dalam upaya menghidupkan kembali industri pariwisata vital melesu.

(ita/ita)