Pria Malaysia Temukan 'Selfie' Monyet dalam Ponsel yang Hilang di Hutan

BBC Indonesia - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 17:57 WIB
Kuala Lumpur -

Seorang pria Malaysia menemukan swafoto dan swavideo monyet di ponselnya yang sempat hilang, sehari setelah mendapatkannya kembali di hutan belakang rumahnya.

Konten tersebut - termasuk rekaman seekor monyet yang tampak berusaha memakan ponsel - dibagikan secara luas di media sosial setelah Zackrydz Rodzi mengeposnya di Twitter.

Zackrydz berkata ia mengira ponselnya dicuri saat ia sedang tidur.

Tapi masih belum jelas bagaimana tepatnya ponsel itu hilang.

Juga tidak mungkin untuk memastikan bagaimana foto-foto dan video tersebut bisa masuk ke dalam ponselnya.

Pria berusia 20 tahun itu mengatakan kepada BBC, ia menyadari telepon pintar miliknya hilang ketika bangun tidur sekitar jam 11 pagi pada hari Sabtu.

"Tidak ada tanda-tanda pencurian. Satu-satunya yang terpikir ialah ini semacam sihir," kata mahasiswa tingkat akhir ilmu komputer dari Batu Pahat di Negara Bagian Johor itu.

Beberapa jam kemudian, dalam sebuah video yang dibagikan kepada BBC yang diberi kode waktu pukul 02:01 siang pada hari yang sama, seekor monyet tampak mencoba memakan ponsel.

Si primata terlihat menatap kamera dengan latar belakang pepohonan hijau cerah dan burung berkicau. Ada juga serangkaian foto monyet, pohon, dan dedaunan lainnya di ponsel itu.

Zackrydz berkata ia gagal melacak keberadaan ponselnya yang raib sampai Minggu sore, ketika ayahnya melihat seekor monyet di luar rumah mereka.

Saat menelepon lagi ponselnya, ia mendengar suara dering dari arah hutan di dekat taman belakang rumahnya, lalu menemukan ponselnya yang berlumuran lumpur tergeletak pada dedaunan di bawah pohon palem.

Pamannya bercanda bahwa mungkin foto pencurinya ada di dalam ponsel, katanya; jadi setelah membersihkan ponselnya, Zackrydz membuka galeri foto "dan boom, penuh dengan foto monyet".

Di beberapa tempat di dunia, monyet yang tinggal di dalam atau di dekat perkotaan sering kedapatan mencuri makanan atau barang dari manusia. Namun Zackrydz mengatakan bahwa di lingkungan tempatnya tinggal, belum pernah ada kejadian monyet mencuri barang dari rumah warga.

Ia menduga monyet itu masuk ke dalam rumah melalui jendela kamar tidur adiknya yang terbuka.

"Sesuatu yang mungkin Anda lihat sekali dalam seabad," katanya dalam sebuah tweet pada hari Minggu. Tweet tersebut telah dibagikan dan disukai ribuan kali dan diangkat menjadi berita oleh media lokal.

Ini bukan pertama kalinya foto selfie monyet menjadi berita. Pada 2017, seorang fotografer Inggris menyelesaikan perkara hukum yang telah berlangsung selama dua tahun melawan kelompok pegiat hak asasi hewan atas gambar yang diambil oleh seekor kera.

Pada tahun 2011, Naruto, seekor kera jambul di hutan Indonesia, mengambil kamera milik David Slater dari Monmouthshire dan membuat serangkaian "selfie".

Slater berpendapat bahwa ia memiliki hak cipta atas gambar yang dibagikan secara luas, tetapi lembaga amal Peta menyatakan hewan tersebut harus mendapat manfaat karena ialah yang menekan tombol rana.

Pengadilan AS memutuskan bahwa perlindungan hak cipta tidak dapat diterapkan pada monyet dan menolak kasus Peta, namun Slater setuju untuk menyumbangkan 25% dari pendapatan yang ia dapatkan dari gambar tersebut di masa depan ke badan amal yang melindungi Naruto dan kera jambul lainnya di Indonesia.

(nvc/nvc)