Bangkai Beruang dari Zaman Es Ditemukan 'Terawetkan Sempurna' di Siberia

BBC Indonesia - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 14:38 WIB
Beruang dari Zaman Es ini ditemukan di Kepulauan Lyakhovsky di timur laut Rusia. (North-Eastern Federal University)
Siberia -

Bangkai beruang dari Zaman Es yang terawetkan dengan sangat baik telah ditemukan oleh penggembala rusa di wilayah Kutub Utara yang termasuk teritori Rusia.

Bangkai beruang itu terungkap dari lapisan es yang mencair di Kepulauan Lyakhovsky di timur laut Rusia.

Dengan gigi dan hidung yang utuh, beruang ini dianggap sebagai spesies beruang coklat yang hidup 22.000 hingga 39.500 tahun yang lalu.

Ia akan diteliti di North-Eastern Federal University (NEFU) di kota Yakutsk.

Bangkai beruang yang ditemukan di Siberia

Hewan ini diduga kuat merupakan beruang coklat purba. (North-Eastern Federal University)

Para ilmuwan di universitas tersebut, yang terkenal dengan penelitian tentang mamut berbulu dan spesies prasejarah lainnya, menyatakan penemuan seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Dr Lena Grigorieva, seorang paleontolog di universitas tersebut, mengatakan bahwa beruang itu adalah "individu pertama dan satu-satunya yang ditemukan dari jenisnya" yang ditemukan dalam keadaan utuh, lengkap dengan "jaringan lunak".

"Ia sepenuhnya terawetkan, dengan semua organ dalam pada tempatnya, bahkan termasuk hidungnya," kata Dr. Grigorieva.

"Sebelumnya, hanya tengkorak dan tulang yang ditemukan. Penemuan ini sangat penting bagi seluruh dunia."

A preserved bear found in Siberia

Analisis sedang dilakukan untuk menentukan usia si beruang. (North-Eastern Federal University)

Dr Grigorieva mengatakan kepada BBC bahwa hewan tersebut diyakini sebagai kerabat purba beruang coklat, spesies beruang besar yang ditemukan di Eurasia dan Amerika Utara saat ini.

Ilmuwan Rusia lainnya akan diundang untuk bergabung dalam penelitian ini, dengan rincian lebih lanjut akan segera diumumkan, kata NEFU dalam siaran persnya, Senin.

"Perlu analisis radiokarbon untuk menentukan usia beruang secara tepat," kata universitas tersebut, mengutip pernyataan Maxim Cheprasov dari laboratorium Museum Mammoth.

Bangkai beruang itu ditemukan oleh penggembala rusa di Pulau Bolshoy Lyakhovsky, pulau terbesar di Kepulauan Lyakhovsky, yang merupakan bagian dari Kepulauan Siberia Baru yang terletak di antara Laut Laptev dan Laut Siberia Timur.

Bangkai beruang yang ditemukan di Siberia

Beruang ditemukan oleh sekelompok penggembala Rusa di padang es yang mencair di Siberia. (North-Eastern Federal University)

Secara terpisah, bangkai anak beruang yang terawetkan ditemukan di wilayah timur jauh Rusia, Yakutia, yang juga dikenal sebagai Republik Sakha. Tes DNA akan dilakukan.

Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi penemuan-penemuan besar fosil mammoth, badak berbulu, anak kuda, beberapa anak anjing dan anak singa gua saat lapisan es mencair di wilayah yang luas di wilayah Siberia Rusia.

Tahun lalu, seekor anak anjing berusia 18.000 tahun ditemukan dalam keadaan terawetkan sempurna dengan gigi dan bulu masih utuh di padang es Siberia.

Semua foto dilindungi hak cipta.

(nvc/nvc)