Sosok Pahlawan Saat Genosida Rwanda Ditahan karena Gerakan Teroris

BBC Indonesia - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 07:31 WIB
Kigali -

Pria yang telah menginspirasi sebuah film Hollywood tentang genosida di Rwanda pada 1994, telah ditahan karena memimpin "gerakan teroris", menurut para pejabat.

Paul Rusesabagina seorang suku Hutu, menjadi terkenal setelah upayanya menyelamatkan ratusan suku Tutsi pada peristiwa genosida 1994 ditampilkan dalam film berjudul Hotel Rwanda.

Dia kemudian mendirikan sebuah partai oposisi, yang memiliki organisasi sayap bersenjata berbasis di Republik Demokratik Kongo.

Sekitar 800.000 suku Tutsi dan suku Hutu yang moderat terbunuh dalam peristiwa genosida ini.

Mereka dibunuh oleh ekstremis Hutu yang dilengserkan dari kekuasaan oleh Presiden Paul Kagame yang didukung Rwandan Patriotic Front (RPF), kelompok yang didominasi suku Tutsi.

Rusesabagina, 66 tahun, telah menerima sejumlah penghargaan hak asasi manusia karena upayanya menyelamatkan nyawa banyak orang, termasuk mendapatkan US Presidential Medal of Freedom pada 2005.

Kenapa dia baru ditahan sekarang?

Para pejabat mengumumkan pada konferensi pers di ibu kota, Kigali, setelah Rusesabagina ditangkap berdasarkan surat perintah internasional.

Rusesabagina sebelumnya hidup sebagai eksil. Pihak berwenang tidak memberikan keterangan secara rinci mengenai di mana dia ditangkap atau memberikan rincian lebih jauh tentang tuduhan yang akan hadapinya.

Actor Don Cheadle (L) and Paul Rusesabagina arrive at the

Don Cheadle (kiri) bermain sebagai Rusesabagina (kanan) dalam Film Hotel Rwanda (Getty Images)

Nama Rusesabagina baru-baru ini muncul dalam sebuah kasus terorisme di Rwanda.

Pengadilan telah mendengarkan tuduhan bahwa kelompok pemberontak National Liberation Front (FLN) telah menerima bantuan dari Presiden Zambia, Edgar Lungu, karena memiliki kedekatan dengan Rusesabagina.

Juru bicara Lungu membantah tuduhan tersebut dalam sebuah wawancara dengan BBC.

Pada 2011, Rusesabagina telah dituduh mendanai usaha menjatuhkan kekuasaan yang sah di Rwanda.

Pada saat itu, dia membantah melakukan kesalahan dan mengatakan ada kampanye kotor terhadap dirinya.

Para pengkritik Presiden Kagame menuduhnya tidak menoleransi oposisi dalam bentuk apa pun. Beberapa pemimpin oposisi telah dipenjara dan yang lainnya melarikan diri ke luar negeri. Dia mengatakan telah berusaha untuk mencegah kembalinya kebencian antar suku di Rwanda.

Paul Rusesabagina

Paul Rusesabagina digambarkan sebagai pahlawan yang telah menyelamatkan orang-orang dari pembantaian suku di Rwanda pada 1994 (Getty Images)

Apa yang diceritakan Hotel Rwanda?

Pada 2004, film Hotel Rwanda menceritakan bagaimana Rusesabagina seorang pria kelas menengah dari suku Hutu yang menikah dengan perempuan Tutsi menggunakan pengaruhnya dan melalui penyuapan untuk meyakinkan pejabat militer mengamankan pelarian yang diperkirakan mencapai 1.200 orang di Hotel Mille Collines di Kigali.

Don Cheadle berperan sebagai Rusesabagina dalam film ini.

Kelompok penyintas pembantaian Rwanda, Ibuka, pernah mengatakan bahwa Rusesabagina telah berlebihan menggambarkan perannya dalam menyelamatkan pelarian di hotel, dari '100 hari pembantaian Rwanda'.

Pada 2007, Rusesabagina mengatakan pengadilan PBB untuk kejahatan perang semestinya mengadili sejumlah anggota RPF atas dugaan peran mereka dalam genosida.

"Saya hanya orang biasa. Tapi saya selalu membela hak asasi manusia," kata dia saat itu.

"Saya berusaha untuk memberikan suara pada jutaan orang Rwanda yang tak punya seorang pun berbicara untuk mereka."

(nvc/nvc)