Deadpool, Loki Hingga Black Widow, Ini Nama-nama Serangga Baru di Australia

BBC Indonesia - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 12:32 WIB
Jakarta -

Serangga berbahaya yang rupanya mirip dengan karakter Marvel Deadpool adalah satu dari sejumlah spesies baru yang disebut memiliki "kekuatan super".

Badan sains nasional Australia, Csiro, mengatakan 164 spesies serangga dan tanaman baru telah diberi nama pada tahun lalu.

Beberapa di antaranya menyerupai sejumlah karakter komik, seperti Thor, Loki dan Black Widow.

"Lalat Deadpool adalah lalat pembunuh dengan tanda di punggungnya yang menyerupai topeng Deadpool," kata Bryan Lessard, ahli entomologi Csiro, dalam sebuah pernyataan tertulis.

Sebagai penghormatan kepada mendiang Stan Lee, yang menciptakan The Fantastic Four untuk Marvel Comics pada tahun 1961, yang kemudian menciptakan karakter-karakter seperti Spider-Man dan The Incredible Hulk, seekor lalat "dengan kumis putih" dinamai dengan namanya, Kata Csiro.

The Stan Lee fly, or Daptolestes leei, which shares his characteristic sunglasses and white moustache

Lalat Stan Lee, atau Daptolestes leei, disebut mirip dengan Stan Lee dengan kaca matanya yang ikonik dan kumis warna putih Getty Images/Csiro)

Ada juga serangga yang dinamai Loki, pembuat onar yang muncul dalam seri Marvel Cinematic Universe.

Memberi nama spesies baru memang menyenangkan, tapi menurut ahli lebah dan tawon Juanita Rodriguez, penamaan itu juga penting untuk kehidupan sehari-hari.

"Kami menemukan spesies baru tawon laba-laba (spider wasp) yang hanya ditemukan di daerah yang terkena dampak kebakaran hutan musim panas ini, jadi sekarang kami dapat berhati-hati memantau pemulihannya," kata Rodriguez.

Dia menambahkan bahwa racun yang dihasilkan oleh tawon laba-laba mungkin berguna untuk mengobati penyakit Alzheimer dan epilepsi.

Thor, dewa guntur Marvel Comics yang bertempur untuk menyelamatkan Bumi dari kekuatan jahat, juga muncul dalam daftar spesies lalat baru.

Hanya seperempat serangga Australia yang dikenal dalam sains, kata Dr. Lessard, seraya menambahkan bahwa semakin banyak spesies yang dinamai, semakin baik kita akan memahami kekuatan supernya.

"Tanpa nama ilmiah, spesies-spesies itu tidak akan dikenal oleh sains," katanya.

Tonton video 'Ryan Gosling dan Chris Evans Main Film Garapan Sutradara Avengers:

[Gambas:Video 20detik]



Semua gambar dilindungi hak cipta

(ita/ita)