Gara-gara Pandemi, Disney Tunda Penayangan 3 Film Unggulan di Bioskop

BBC Indonesia - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 15:20 WIB
Avatar adalah film terlaris sepanjang masa selama satu dekade, sebelum Avengers: Endgame mengambil alih posisi itu tahun lalu. (20th Century Fox)
Jakarta -

Walt Disney memutuskan untuk menunda penayangan tiga film unggulan akibat pandemi Covid-19. Keputusan ini dianggap sebagai pukulan telak terhadap seluruh operator bioskop di tengah kelesuan ekonomi.

Dua film unggulan yang diundur penayangannya hingga setahun adalah Avatar dan Star Wars terbaru. Adapun film Mulan ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Mulan awalnya dijadwalkan tayang pada akhir Agustus mendatang dan diharapkan dapat mendorong khalayak pergi menonton di bioskop pada musim panas.

Namun, akibat lonjakan kasus positif virus corona di Amerika Serikat, Disney terpaksa menunda film-film unggulannya diproduksi dan ditayangkan.

"Jelas bahwa tidak ada yang bisa dipastikan tentang bagaimana kami merilis film-film dalam krisis kesehatan global ini," kata juru bicara Disney.

"Itu berarti hari ini kami menunda rencana kami untuk merilis Mulan selagi kami meninjau bagaimana kami bisa membawa film ini secara efektif kepada audiens kami di seluruh dunia," tambahnya.

Penundaan penayangan Mulan sejalan dengan keputusan Warner Bros' yang menunda rilis film thriller garapan Christopher Nolan, Tenet, pada Agustus mendatang.

Para pemilik bioskop tadinya berharap film-film baru ini bisa mengisi pundi-pundi mereka pada musim panas, setelah beberapa bulan tidak bisa meraup uang akibat lockdown dan pembatasan jarak sosial terkait pandemi virus corona.

Pada Kamis (23/07), jaringan bioskop AMC dan Cineworld menunda pembukaan kembali bioskop mereka di AS, sampai setidaknya pertengahan Agustus mendatang.

Sementara di Indonesia, rencana pembukaan kembali bioskop 29 Juli 2020 ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan, karena angka positif Covid-19 terus bertambah.

Avatar 2, menurut Disney, diharapkan bisa ditayangkan di bioskop pada Desember 2022. Sedangkan film Star Wars terbaru dijadwalkan tayang pada Desember 2023.

Tadinya Avatar 2 digadang-gadang sebagai film terbesar pada 2021. Diharapkan pula film garapan James Cameron itu bisa mendulang untung seperti film pertamanya pada 2009, yang menyandang status film berpenghasilan terbesar kedua sepanjang sejarah.

(ita/ita)