Puluhan Tahun Dicari, Lantai Mosaik Romawi Ditemukan di Kebun Anggur Italia

BBC Indonesia - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 11:39 WIB
Menurut para pejabat, para ahli pertama kali menemukan bukti reruntuhan pondasi bangunan rumah vila Romawi di sana lebih dari seabad silam. (Comune di Negrar di Valpolicella)
Jakarta -

Lantai mosaik peninggalan peradaban Romawi ditemukan di bawah perkebunan anggur di wilayah utara Italia setelah puluhan tahun dicari.

Tim pengukur tanah di daerah Negrar di Valpolicella, di wilayah utara Verona, mengunggah foto-foto ubin - kondisinya terpelihara dengan baik - terkubur sekitar satu meter di dalam tanah.

Menurut para pejabat, para ahli pertama kali menemukan bukti reruntuhan pondasi bangunan rumah vila Romawi di sana lebih dari seabad silam.

Para teknisi saat ini masih dengan hati-hati menggali situs bersejarah itu untuk menemukan secara lebih menyeluruh fondasi bangunan kuno tersebut.

Foto-foto yang diunggah secara daring memperlihatkan mosaik lantai bermosaik beserta fondasi reruntuhan vila.

https://www.facebook.com/ComunediNegrar/posts/1505771282922742

Keterangan di situs resmi Negrar di Valpolicella menyebutkan tim penggali akhirnya berhasil menemukan ubin dan fondasi vila itu "setelah sekian dekade mengalami kegagalan".

Tim pengukur tanah akan berhubungan dengan pemilik perkebunan anggur dan pemerintah kota "untuk mengidentifikasi cara paling tepat untuk membuat peninggalan arkeologi yang tersembunyi di bawah tanah ini dapat terungkap dan dapat diakses".

Para teknisi membutuhkan "sumber daya" untuk menyelesaikan pekerjaannya. Namun pihak berwenang setempat berjanji untuk memberikan "semua bantuan yang diperlukan" untuk melanjutkan penggalian.

(ita/ita)