Fosil Reptil Terbang Ditemukan di Inggris, Punya Jambul untuk Daya Tarik Seks

BBC Indonesia - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 16:41 WIB
Jakarta -

Sebuah fosil spesies reptil bersayap prasejarah, yang sebelumnya ditemukan di China dan Brasil, untuk pertama kalinya ditemukan di Inggris.

Fragmen rahang spesies itu ditemukan oleh seorang pemburu fosil amatir yang melihatnya ketika berjalan dengan anjingnya di Sandown Bay, Isle of Wight.

Universitas Portsmouth mengidentifikasinya sebagai tapejarid, pterosaurus terbang dari periode Cretaceous.

Mahasiswa Palaeontologi Megan Jacobs mengatakan dia melihat fosil di atas meja dapur seorang teman setelah dia menerimanya dari kolektor.

Dia mengatakan dia mengenali "rahang tapejarid yang khas, termasuk banyak lubang kecil yang menahan organ sensorik kecil untuk mendeteksi makanan mereka".

'Daya tarik seksual'

Jacobs menambahkan: "Contoh [fosil] lengkap dari Brasil dan China menunjukkan bahwa mereka memiliki puncak kepala atau 'jambul' yang besar, dengan ukuran kadang-kadang dua kali lebih besar dari tengkorak spesies tersebut.

"Itu mungkin digunakan sebagai daya tarik seksual dan mungkin berwarna cerah.

"Ini adalah tapejarid yang ditemukan pertama kali di Inggris".

Profesor David Martill dari Universitas Portsmouth, mengatakan: "Spesies baru ini menambah keragaman dinosaurus dan reptil prasejarah lainnya yang ditemukan di pulau itu, yang sekarang menjadi salah satu tempat paling penting bagi dinosaurus era Cretaceous di dunia."

Fosil yang ditemukan di Isle of Wight ini telah disumbangkan ke museum dinosaurus di Sandown untuk ditampilkan di masa mendatang.

Temuan universitas telah dipublikasikan dalam jurnal Cretaceous Research.

(ita/ita)