Jaksa Malaysia Gugurkan Tuntutan terhadap Anak Najib Razak di Skandal 1MDB

BBC Indonesia - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 09:04 WIB
Kuala Lumpur -

Riza Aziz, Leonardo DiCaprio

Riza Aziz, kiri, bersama Leonardo DiCaprio dalam Penghargaan Bafta 2014. (AFP)

Para jaksa di Malaysia telah menggugurkan serangkaian tuntutan terhadap Riza Aziz dalam kasus skandal 1MDB bernilai ratusan juta dollar. Riza merupakan anak tiri mantan Perdana Menteri Najib Razak.

Dalam kasus 1MDB, Riza dituduh mencuci uang yang diduga diterimanya dari 1MDB, lembaga yang didirikan Najib Razak pada 2009 sebagai cara untuk mengelola kekayaan Malaysia dengan menggunakan investasi strategis.

Riza dituding menerima US$248 juta dari 1MDB. Adapun jumlah keseluruhan dana yang diambil dari 1MDB, menurut aparat Amerika Serikat dan Malaysia, mencapai US$4,5 miliar.

Dia sepakat untuk menyerahkan kembali sekian ringgit kepada pemerintah, namun pihak berwenang tidak mengungkap berapa banyak yang diserahkan.

Ayah tirinya, Najib Razak, masih menghadapi berbagai tuntutan yang dia bantah lakukan.

Apa yang dimaksud dengan 1MDB?

1MDB sejatinya didirikan untuk menggalang dana untuk pembangunan Malaysia dan membantu kaum miskin negara itu. Namun, dana yang terkumpul dituduh telah diselewengkan.

Jaksa AS dan Malaysia menuding uang tersebut mengalir ke beberapa individu berpengaruh untuk membeli barang-barang mewah, termasuk real estat, kapal yacht, jet pribadi, dan barang seni.

Najib menyanggah tuduhan-tuduhan tersebut dan senantiasa berkeras tidak bersalah.

Bank investasi AS, Goldman Sachs, yang mengumpulkan uang melalui penjualan surat berharga, juga diselidiki oleh aparat AS dan Malaysia atas perannya. Namun, institusi itu berikrar untuk melawan tuduhan-tuduhan.

Apa dugaan peranan Riza Aziz?

Riza adalah salah satu pendiri Red Granite Productions yang memproduksi film The Wolf of Wall Street yang dibintangi Leonardo Dicaprio.

Menurut beberapa pejabat dari Departemen Kehakiman AS, itu adalah satu dari tiga film yang didanai menggunakan yang diduga diselewengkan dari 1MDB.

Red Granite juga memproduksi Dumb and Dumber 2 serta Daddy's Home.

Riza dituduh menerima US$248 juta dari 1MDB dan menghadapi lima tuduhan terkait pencucian uang.

Seorang hakim mengutip keterangan para jaksa bahwa Riza telah sepakat mengembalikan "uang dalam jumlah besar yang mencapai beberapa juta ringgit" kepada pemerintah.

Jaksa penuntut umum mengatakan Riza akan dibebaskan penuh begitu kesepakatan telah rampung.

Bagaimana nasib Najib Razak?

Najib Razak

Najib berharap atmosfer yang lebih kondusif terkait proses pengadilan. (Reuters)

Najib, yang masih menjalani persidangan, tak lagi menjabat perdana menteri setelah Mahathir Mohamad menggantikannya. Pada masa Mahathir berkuasa, penyelidikan terhadap 1MDB ditingkatkan.

Namun, Mahathir lengser dari jabatannya awal tahun ini setelah kalah dari aliansi yang mencakup partainya Najib.

Saat itu, Najib mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa dia dapat mengharapkan atmosfer yang lebih kondusif terkait proses pengadilan.

(ita/ita)