Potret Anjing Laut di Antartika Jadi Foto Terbaik Kompetisi Fotografi Alam

BBC Magazine - detikNews
Kamis, 26 Mar 2020 18:49 WIB
Nature TTL / Florian Ledoux
Jakarta -

Foto drone yang menangkap momen sejumlah anjing laut berkumpul di atas potongan es yang sedang mengambang di lautan Antartika terpilih sebagai foto terbaik dalam sebuah ajang kompetisi fotografi alam.

Fotografer asal Prancis Florian Ledoux adalah sosok di balik foto yang berjudul "Above the Crabeater Seals" (Di Atas Anjing Laut Crabeater) yang diambil di Antartika.

"Bagi saya, sangat penting untuk menggambarkan kondisi di wilayah Arktik dan Antartika," ujar Ledoux.

"Penting juga bagi siapapun yang terinspirasi oleh gaya pengambilan foto dengan drone ini memahami pentingnya satwa liar, dan bersikap etis dalam pendekatan mereka.

"Pastikan bahwa drone Anda tidak mengagetkan maupun mengganggu para hewan, dan selalu bersikap sesuai dengan peraturan setempat."

Karya Ledoux mengalahkan 7.000 karya lain yang berasal dari 117 negara dalam kompetisi Nature TTL Photographer of the Year 2020.

Berikut sebagian karya dari para pemenang dan runner-up di sejumlah kategori dalam kompetisi itu, serta penjelasan oleh para fotografer masing-masing karya.

Pemenang kategori lanskap: Permainan Bayangan, oleh Marek Biegalski, diambil di Italia

An aerial view of a field with sheep standing in the long shadow of a tree

Gambar udara yang diambil di Tuscany di tengah cahaya musim gugur. (Nature TTL / Marek Biegalski)

"Gambar udara yang diambil di Tuscany di tengah cahaya musim gugur. Sekawanan domba bersembunyi dari terik matahari di bawah bayang-bayang pohon."

Pemenang kategori makro: Lukisan China, oleh Minghui Yuan, diambil di China

A silhouette of a damselfly on a thin leaf

Nature TTL / Minghui YuanMatrona basilaris adalah penguasa di sungai Gunung Dabie.

"Saya mengenakan pakaian tahan air di sungai Gunung Dabie, sambil menunggu dan mengamati Matrona basilaris (damselfly) ini.

"Matrona basilaris adalah penguasa di sungai Gunung Dabie dan ada satu jenis jantan per jarak tiga meter.

"Dengan latar belakang langit, saya menemukan hubungan antara garis-garis rumput dan subyek foto. Alam itu sendiri adalah sebuah lukisan sederhana."

Kategori fotografer muda: Phoenix, oleh Saptarshi Gayen, diambil di India

A black bird flies over flaming branches

Nature TTL / Saptarshi GayenPhoenix

"Selama empat hingga lima tahun terkahir, saya melihat bahwa pada setiap akhir musim dingin, para petani membakar rumput dan alang-alang untuk membersihkan tanah untuk tanaman baru.

"Ketika api menyebar di wilayah itu, serangga kecil mulai keluar. Kemudian si pemberani burung Black Drongo mulai memanfaatkan momen itu dan memakan mereka dan terbang di atas api yang menjalar."

Penghargaan Pilihan Publik: Saya tidak akan pergi dengan mudah, oleh Robert Ferguson, diambil di Singapura

"Ini adalah pelikan putih besar (Pelecanus onocrotalus), yand sedang berjuang lawan ikan yang bukan berasal dari wilayah itu. Burung-burung indah ini bebas berkeliaran, tetapi telah membangun koloni besar di salah satu pulau buatan di Taman Jurong Tua di Singapura.

"Saya perhatikan satu burung tertentu telah menangkap salah satu ikan besar dari kolam. Saya menyaksikan burung itu berenang berputar-putar, mencelupkan paruhnya, mengambil air, lalu mengangkat paruhnya untuk mencoba menelan mangsanya yang besar.

"Tetapi setiap kali ikan itu merentangkan duri tajam pada siripnya - Anda bisa melihatnya tersangkut di dalam paruh di sini - ia tersendat dan tidak bergerak.

"Ini berlangsung selama lebih dari 20 menit, tanpa ada tanda-tanda lelah dari kedua belah pihak. Saya terpesona melihat urat-urat rumit di kantong tenggorokan burung itu, cahaya pada hari yang mendung menyinari kulit tipis itu, dan saya harus bergerak dan berjongkok rendah ke arah tanah untuk mendapatkan gambar. "

Kategori margasatwa, sangat dipuji: 'Badger Blues', oleh Dave Hudson, diambil di Inggris

A baby badger walking through bluebells in a wood

Nature TTL / Dave Hudson

"Saya telah menghabiskan berjam-jam memerhatikan sejumlah lokasi di daerah itu, tetapi memutuskan untuk fokus pada yang satu ini, karena banyaknya tanaman bluebell.

"Setelah beberapa jam, saya mulai mendengar gerakan.

"Seekor luwak dewasa datang ke arah saya lebih dulu, mengendus-endus udara seperti yang sering mereka lakukan. Ia bergerak keluar dari fokus foto dan mengarah ke tanaman bluebell, tetapi yang membuat saya senang, di belakangnya adalah seekor anak luwak. Dia tampak cukup nyaman, jadi saya menekan tombol dan mendapatkan beberapa foto. "

Kategori margasatwa, sangat dipuji: Tidur jatuh, oleh Terje Kolaas, diambil di Norwegia

A dove sits on a branch with snow on its head and wing

Nature TTL / Terje KolaasTidur jatuh.

"Seekor merpati di taman di Norwegia beristirahat seletah makan saat hujan salju lebat. Lampu jalanan yang terpencil di latar belakang menciptakan lingkaran cahaya di sekitar burung itu."

Kategori margasatwa, sangat dipuji: Bernapas, oleh Bence Mate, diambil di Romania

A silhouette of a bear and the condensation from its breath

Nature TTL / Bence Mate

"Seekor beruang coklat menggeram menandakan peringatan atas kehadirannya kepada penyelundup, napasnya menghilang perlahan di hutan yang tak berangin."

Kategori lanskap, runner-up: Pelangi Viking, oleh Alessandro Cantarell, diambil di Islandia

A mountain landscape view of a sunrise and a rainbow

Nature TTL / Alessandro CantarellPelangi Viking.

"Saya telah mengunjungi Islandia puluhan kali, dan telah cukup beruntung untuk menyaksikan kondisi luar biasa di gunung Vestrahorn."

"Melihat matahari terbit yang begitu dahsyat di sebelah kanan sudah terasa luar biasa, dan hujan yang sangat deras membuat segalanya sulit bagi saya tetapi itu memberi saya hadiah besar - pelangi ganda di sebelah kiri yang dengan sempurna mengimbangi cahaya yang kuat di sebelah kanan."

Kategori lanskap, sangat dipuji: 'Flower Power', oleh Brandon Yoshizawa, diambil di AS

"Tampilan luar biasa dari manusia dan alam. Asap dari roket SpaceX disinari oleh matahari yang duduk rendah saat terbenam."

"Asap ini mengambil bentuk bunga dengan jejak tinggalan yang tampak seperti batang yang patah, yang keluar dari balik pegunungan Sierra Nevada yang tertutup salju."

Kategori lanskap, sangat dipuji: Koeksistensi, oleh Dipanjan Pal, diambil di Islandia

"Saat menerbangkan drone saya mendekati gunung, tiba-tiba saya melihat pemandangan indah ini dengan sungai biru yang kontras secara sempurna dengan pasir hitam."

Kategori lanskap, sangat dipuji: Lembah Scheldt, oleh Bart Heirweg, diambil di Belgia

"Pada awal musim gugur, Lembah Scheldt sering dilapisi kabut tebal pada pagi yang cerah dan tidak berangin.

"Ketika matahari mulai terbit, kabut itu perlahan menghilang, menampakkan pemandangan di bawahnya."

Kategori makro, runner-up: Perkawinan capung bermata merah, oleh Robert Page, diambil di Inggris

"Saya sudah mengamati dan memotret capung di kolam di taman setempat di London selama bertahun-tahun."

Kategori makro, sangat dipuji: Tidak ada yang di sini selain pohon ini, oleh Caitlin Henderson, diambil di Australia

"Lichen hunstman (Pandercetes gracilis) adalah spesies laba-laba penghuni pohon yang luar biasa yang berasal dari utara tropis Australia. Kamuflase yang menakjubkan memungkinkannya untuk berbaur secara sempurna dengan kulit pohon dan lumut, dan hampir tidak mungkin terlihat di siang hari.

"Pada malam hari, saya pergi mencari laba-laba ini dengan obor, memanfaatkan mata reflektif mereka untuk menemukan tempat persembunyian mereka di tempat terbuka."

Kategori U-16, sangat dipuji: Fox, karya Matej Borjancic, diambil di Slovenia

A young fox looking out from behind a rock

Nature TTL / Matej Borjancic

"Kakekku mengajakku berkeliling tambang untuk melihat apakah ada binatang di sana.

"Kami beruntung; saya memotret seekor rubah muda ketika dia melihat keluar dari tempat persembunyiannya."

Semua foto milik Nature TTL.

(ita/ita)