DetikNews
Rabu 06 Maret 2019, 09:56 WIB

Tragis! Pria Ceko Tewas Diterkam Singa Peliharaannya di Rumah

BBC Magazine - detikNews
Tragis! Pria Ceko Tewas Diterkam Singa Peliharaannya di Rumah Michal Prasek menempatkan singa jantan peliharaannya di belakang rumah. (Zdenek Nemec / MAFRA / Profimedia)
Praha - Seorang pria bernama Michal Prasek tewas diterkam seekor singa yang dipeliharanya di rumah keluarganya yang terletak di bagian timur Republik Ceko.

Tubuh Michal ditemukan ayahnya di kandang singa jantan. Sang ayah mengatakan kepada media setempat bahwa kandang itu dikunci dari dalam.

Para polisi yang dipanggil ke lokasi kejadian kemudian menembak mati singa jantan dan seekor singa betina yang juga dipelihara di belakang rumah.

Juru bicara kepolisian mengatakan kepada media setempat bahwa penembakan "sangat diperlukan agar mereka bisa mendekati pria itu".

Michal Prasek memelihara seekor singa jantan berusia sembilan tahun sejak 2016. Tahun lalu dia membeli seekor singa betina untuk dikawinkan dengan singa jantan tersebut.

Dia menempatkan masing-masing singa jantan dan singa betina itu di kandang secara terpisah.

Tindakan pria berusia 33 tahun itu dalam membangun kandang singa sebelumnya mendapat tentangan dari para tetangga dan belakangan didenda atas pembiakan hewan secara ilegal.

Namun, konfliknya dengan aparat menemui jalan buntu setelah dia menolak memberikan izin kepada siapapun untuk memasuki rumahnya.

Kurangnya alternatif fasilitas penangkaran hewan di Republik Ceko, ditambah minimnya bukti kekejaman terhadap hewan, membuat aparat tidak bisa serta-merta memaksa agar kedua singa itu dipindahkan dari rumah Michal.

"Insiden hari ini mungkin akhirnya membantu menuntaskan masalah berkepanjangan ini," kata kepala desa setempat, Tomas Kocourek.

Sebelum akhirnya meninggal dunia, Michal Prasek sempat menjadi sorotan media pada tahun lalu setelah seorang pesepeda bertabrakan dengan singa betina peliharaannya yang sedang dia bawa jalan-jalan menggunakan tali kekang.

Setelah polisi turun tangan, insiden itu dikategorikan kecelakaan lalu lintas.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +