detikNews
Kamis 15 November 2018, 08:48 WIB

7 Hal yang Harus Diketahui Soal Sidang Gembong Narkoba 'El Chapo' di AS

BBC World - detikNews
7 Hal yang Harus Diketahui Soal Sidang Gembong Narkoba El Chapo di AS
New York - Joaquin Guzman Loera aka
Joaqun "El Chapo" Guzmn diekstradisi ke Amerika Serikat setelah aksi pelarian dirinya yang terakhir dari penjara. (AFP/Getty Images)


Proses pengadilan gembong mafia Joaqun "El Chapo" Guzmn digelar di New York dengan pengawalan yang sangat ketat.

Guzmn ditangkap pada Januari 2016 setelah meloloskan diri melalui terowongan, lima bulan sebelumnya.

Pria berkebangsaan Meksiko itu dituding sebagai tokoh utama di balik kartel narkotika Sinaloa, yang disebut jaksa penuntut umum merupakan penyuplai obat-obatan terlarang terbesar ke Amerika Serikat.

Beberapa tokoh kunci, termasuk mantan tangan kanan El Chapo, akan menjadi saksi yang melawannya di pengadilan.

Siapa El Chapo?
Joaqun Guzmn Loera
Joaqun Guzmn Loera atau yang lebih dikenal dengan sebutan El Chapo menghadapi persidangan di New York mulai 12 November. (Reuters)


Joaqun Guzmn Loera lahir pada tahun 1957 di keluarga petani. Dia pertama kali terjun ke bisnis obat-obatan terlarang saat bekerja di perkebunan mariyuana dan opium.

Kemudian, dia magang di bawah pengawasan Miguel Angel Felix Gallardo (yang punya julukan The Godfather), pemimpin kartel Guadalajara yang sangat berkuasa.

El Chapo (atau "pendek" - karena tingginya hanya 164 cm) kemudian mengepalai kartel Sinaloa yang menguasai wilayah barat daya Meksiko, pada akhir 1980-an.

Lambat laun, Sinaloa berkembang menjadi kartel narkoba terbesar yang menyelundupkan obat-obatan terlarang ke AS.

Pada 2009, El Chapo termasuk dalam daftar orang terkaya versi Forbes. Dia berada di peringkat 701 dengan estimasi jumlah kekayaan senilai US$ 1 miliar.

Guzmn sukses lepas dari upaya pembunuhan dari kartel saingannya pada 1993, namun dia ditangkap dan dihukum penjara selama 20 tahun.

Dia sempat berhasil kabur, sebelum kemudian kembali tertangkap pada Januari 2016 dan diekstradisi ke AS.

Selain El Chapo, Guzmn juga dikenal dengan beberapa nama alias lain seperti El Rapido, Shorty, El Senor, El Jefe, Nana, Apa, Papa dan Inge.

Apa itu Kartel Sinaloa?

Kartel Sinaloa awalnya hanya menguasai daerah barat daya Meksiko, namun berhasil menjadi kartel terbesar setelah membabat rival-rival di negaranya, sehingga bisa dengan leluasa menyelundupkan narkoba ke AS.

Wilayah kekuasaan kartel narkoba di Meksiko tahun 2010
Wilayah kekuasaan kartel narkoba di Meksiko tahun 2010 (BBC)


Dakwaan Guzmn mengatakan kartel itu akhirnya menjadi organisasi perdagangan narkoba terbesar di dunia, dan laporan kepada Kongres AS pada Juli 2018 mengatakan mereka memiliki pendapatan hingga US$ 3 miliar per tahun pada tahun 2012.

Disebut pula bahwa kartel tersebut punya bisnis di setidaknya 50 negara.

Pada 2017, badan pemberantasan narkoba AS (DEA) mengatakan kartel Sinaloa "mengekspor dan mendistribusikan metamfetamin, mariyuana, kokain, dan heroin" ke AS melalui jalur distribusi di Phoenix, Los Angeles, Denver serta Chicago.

Wilayah kekuasaan kartel narkoba Meksiko tahun 2017
Wilayah kekuasaan kartel narkoba Meksiko tahun 2017 (BBC)


Apa dakwaan terhadap El Chapo?

Dakwaan utama terhadap Guzmn adalah dugaan bahwa dia membantu ekspor ratusan ton kokain ke AS. Di pengadilan, dia menghadapi 17 tuntutan.

Dalam dakwaan itu, terdapat daftar yang menyebut Guzmn dan para mitranya mengirimkan kokain ke AS sebanyak 84 kali, pada 18 Maret 2017. Salah satunya, pengiriman narkoba sebanyak 19 ribu kilogram.

Dia juga didakwa atas konspirasi memproduksi dan mendistribusikan heroin, metamfetamin, dan mariyuana, juga memerintahkan pembunuhan.

Dalam dakwaan disebut, El Chapo menyewa pembunuh bayaran untuk melakukan "ratusan" pembunuhan, penyerangan, penculikan, serta penyiksaan pada kartel saingannya.

Bagaimana dia ditangkap?

"Misi berhasil," cuit Presiden Meksiko Enrique Pea Nieto pada 8 Januari 2016. "Kami berhasil menangkapnya."

Setelah dua tahun buron, keberadaan El Chapo terendus di sebuah rumah di Los Mochis, sebuah kota di pesisir Meksiko.

Dia baru saja pindah ke rumah itu, setelah berbulan-bulan bersembunyi di luar negeri.

Lima pengawal Guzmn tewas dalam aksi penggerebekan oleh pasukan marinir Meksiko. Dia sempat kabur, tapi kemudian tertangkap saat hendak meninggalkan kota.

Anjing pelacak
Pengamanan di gedung pengadilan Brooklyn ditingkatkan termasuk mengerahkan anjing pelacak bom. (Getty Images)


Bagaimana cara dia kabur dari penjara?

Salah satu alasan ketatnya pengawalan dalam persidangan Guzmn adalah karena dia berhasil kabur dari penjara dua kali.

Pada 2001, El Chapo sukses kabur dari penjara Puente Grande yang memiliki keamanan maksimum, dengan bersembunyi di keranjang cucian dan menyuap sipir penjara. Dia kemudian buron selama 13 tahun, sebelum kembali tertangkap pada Februari 2014.

Kali kedua, pada Juli 2015, El Chapo lagi-lagi kabur melalui terowongan sepanjang 1,5 kilometer yang terhubung langsung ke wastafel di kamar selnya, sehingga dia bisa merayap keluar di lorong sempit tersebut. Kabarnya akurasi ini hanya bisa terjadi dengan bantuan pemandu satelit yang canggih.

Hebatnya lagi, terowongan itu dilengkapi ventilasi, lampu dan tangga. Sementara pintu keluarnya tersembunyi di balik konstruksi bangunan.

Televisi di Meksiko kemudian menayangkan cuplikan yang menunjukkan sipir penjara tidak berbuat apapun saat terdengar suara hantaman keras dari dalam sel El Chapo.

Jembatan Brooklyn.
Saat El Chapo dipindahkan dari penjara di New York ke gedung pengadilan di Brooklyn, Jembatan Brooklyn pun ditutup demi keamanan. (Getty Images)


Apa yang akan terjadi di pengadilan?

Dakwaan yang ditimpakan pada El Chapo merupakan hasil konsolidasi dari enam wilayah yurisdiksi hukum di AS, termasuk New York, Chicago dan Miami.

Jaksa penuntut umum telah mengumpulkan bukti-bukti yang memberatkan El Chapo selama lebih dari 10 tahun, termasuk bukti dari Meksiko dan Kolombia. Mereka juga akan menghadirkan saksi-saksi dari pihak kepolisian AS dan Meksiko, selain juga pakar balistik dan narkotika, serta saksi kunci yang merupakan mantan tangan kanan Guzmn.

Jesus Vincente Zambada-Niebla menyatakan dalam perjanjian pembelaan sebagai anggota tingkat tinggi kartel, bahwa dia menyelundupkan ribuan kilogram kokain dan heroin ke AS, menggunakan kapal cepat, kapal selam, dan pesawat sewaan. Dia juga mengakui bahwa kartel Sinaloa memiliki persenjataan kelas militer dan kerap menggunakan kekerasan untuk memperlancar urusan bisnisnya.

Di sisi lain, Guzmn akan dibela tim pengacara kelas kakap. Salah satunya adalah Jeffrey Lichtman, yang pernah membebaskan bos mafia John Gotti Jr. dari ancaman penjara pada 2005.

Lichtman mengatakan pada BBC dia akan mengungkapkan pada juri bahwa para saksi yang dihadirkan "tidak valid". Dia juga akan berargumentasi bahwa Guzmn bukanlah pemimpin Kartel Sinaloa Cartel. Meskipun demikian, dia menyebut tim pengacara pembela kesulitan melakukan persiapan karena banyaknya bukti yang akan dihadirkan di persidangan.

Jaksa menyebut mereka memiliki ratusan lembar dokumen, rekaman audio komunikasi Guzmn saat mendiskusikan transaksi narkoba dan rekaman video dari kamera pengawas yang memperlihatkan transaksi penyelundupan oleh Guzmn dan mitranya.

Gedung pengadilan Brooklyn.
Gedung pengadilan Brooklyn dikawal ketat oleh pasukan bersenjata. (Getty Images)


Bagaimana pengamanan selama persidangan?

El Chapo kini ditahan dalam ruang isolasi di Pusat Permasyarakatan Metropolitan di Manhattan, penjara dengan pengamanan terketat di New York.

Namun persidangannya akan digelar di Brooklyn. Setiap kali El Chapo dipindahkan dari penjara ke gedung pengadilan, Jembatan Brooklyn akan ditutup.

Selain itu, pemerintah AS menyediakan pengawalan berlapis yang terdiri dari konvoi kendaraan, termasuk kendaraan lapis baja. Ada juga pasukan taktis yang bertugas mendampingi El Chapo memasuki gedung pengadilan melalui ruang bawah tanah.

US Marshalls bahkan disebut memiliki solusi rahasia agar suasana dan lalu lintas tetap kondusif di Brooklyn selama masa persidangan, yakni dengan menempatkan El Chappo di lokasi tersembunyi atau di ruang khusus di gedung pengadilan.

Pengamanan di gedung pengadilan pun diperketat dengan tambahan jumlah polisi yang berjaga, serta tim anjing pelacak.

Di sisi lain, ada juga rencana perlindungan khusus untuk para saksi dan tim juri.

Hingga kini, nama-nama saksi belum diumumkan dan mereka sudah dimasukkan dalam program perlindungan saksi.

Juri juga tetap anonim. Alamat serta lokasi mereka bekerja tidak akan diserahkan baik ke pihak terdakwa, pengacara, maupun media. Sepanjang persidangan, juri akan didampingi oleh pengawal bersenjata dari US Marshalls.

Pengacara Guzman menyebut tindakan pengamanan ekstra akan berimbas pada impresi yang berat sebelah bahwa El Chapo adalah sosok yang berbahaya dan bisa mempengaruhi penilaian juri. Namun, Hakim Brian Cogan mengatakan jaksa memberikan alasan kredibel mengapa pengamanan tersebut diperlukan, termasuk sejarah dugaan kekerasan yang dilakukan El Chapo, termasuk pembunuhan, penculikan ataupun penyiksaan bagi mereka yang membantu penegak hukum.


(nvc/nvc)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com