Pemimpin ISIS Afghanistan Tewas dalam Serangan Udara AS

BBC World - detikNews
Senin, 27 Agu 2018 12:40 WIB
Kabul - A line of IS members in front of weapons Sekitar 150 anggota ISIS menyerahkan diriu di Afghanistan bulan ini. (Reuters)

Lagi, seorang pemimpin kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS, diberitakan tewas dalam sebuah serangan udara di Afghanistan.

Abu Saad Erhabi dan 10 anggota ISIS lainnya disebut tewas dalam operasi pada Sabtu (25/8) di provinsi timur Nangarhar, dekat perbatasan dengan Pakistan.

Dia adalah pemimpin keempat ISIS Afghanistan yang tewas terbunuh dalam beberapa tahun terakhir.

Kelompok-kelompok terkait ISIS aktif di Afghanistan sejak 2014, dan mereka mengklaim sebagai pelaku sejumlah serangan mematikan.

Mereka sering juga disebut sebagai Negara Islam Khorasan -menggunakan nama bersejarah untuk wilayah yang mencakup Afghanistan dan sekitarnya.

Afghan Army member at a checkpoint in Jalabad after a IS attack earlier this monthAFP

Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan di Kabul mengatakan serangan yang menewaskan Erhabi merupakan bagian dari operasi gabungan angkatan udara dan darat yang dilakukan pasukan koalisi pimpinan AS.

Para pejabat AS tidak mengkonfirmasi kematiannya tetapi mengatakan mereka telah melancarkan serangan di daerah itu, yang menyasar "seorang pemimpin senior organisasi teroris tertentu".

Pemimpin Negara Islam Khorasan sebelumnya, Abu Sayed, tewas akibat serangan AS terhadap markas kelompok itu di provinsi Kunar pada Juli 2017.

Kelompok itu dituding sebagai pelaku sejumlah serangan di Afghanistan tahun ini - antara lain serangan bom bunuh diri di sebuah pusat pendidikan Kabul yang menewaskan puluhan orang.

Sejauh ini tak ada pernyataan dari kelompok itu menanggapi kabar kematian Erhabi.



(ita/ita)