DetikNews
Selasa 14 Agustus 2018, 12:59 WIB

Peternak Swedia Boleh Gembalakan Sapi ke Kawasan Bugil di Pantai

BBC Magazine - detikNews
Peternak Swedia Boleh Gembalakan Sapi ke Kawasan Bugil di Pantai
Stockholm -

Pemerintah kota di selatan Swedia telah mengeluarkan keputusan yang memberikan izin bagi para pemilik sapi untuk menggembalakan ternak mereka ke pantai-pantai nudis selama gelombang suhu tinggi musim panas yang berkepanjangan, kendati warga keberatan.

Menurut sebuah situs berita lokal, kaum nudis menyampaikan keberatan kepada para pejabat di provinsi Smaland tentang kunjungan hewan-hewan ternak itu ke pantai mereka.

Menurut para penikmat ketelanjangan di pantai itu, kehadiran sapi-sapi itu "tidak higienis dan dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan".

Dikatakan bahwa musim panas yang begitu memanggang sebagian besar benua Eropa telah menyebabkan kekeringan di seluruh negeri, membuat para petani dan peternak kesulitan dalam memberi makan hewan-hewan peliharaan mereka.

Akibatnya, sebagian petani dan peternak memutuskan untuk memotong ternak mereka lebih awal dari biasanya.

Namun ada pula petani dan peternak yang malah memutuskan untuk membawa ternak mereka ke pantai nudis di dekat mereka, untuk mendinginkan hewan-hewan itu, laporan lembaga penyiaran publik, SVT.

"Ketika cuaca begitu kering, Anda tidak ingin membawa sapi untuk disembelih secara tidak perlu. Sapi-sapi itu justru harus bisa mandi, makan dan minum," kata seorang pejabat balai kota, Peter Bengtsson.

Bengtsson mengatakan bahwa para pengunjung yang mandi di pantai tidak harus berisiko terkena infeksi bakteri seperti E.Coli, tetapi para petani harus menahan diri dalam menggembalakan sapi ke dalam air jika ada orang di sekitar yang ingin berenang.

Dia mengatakan bahwa nyatanya banyak burung yang juga sering mengunjungi pantai nudis Smaland.

Namun ia menandaskan bahwa jika orang yang mandi di pantai merasa khawatir terkait alergi atau keamanan di tanah yang dijejaki hewan-hewan, para pejabat kota akan berbicara dengan pemilik hewan.

Serbuan sapi-sapi ke pantai-pantai nudis tentu saja menimbulkan banyak keberatan dari para penikmat pantai telanjang.

Karenanya Dinas Kebudayaan dan Rekreasi kota Vaxjo melakukan pemungutan suara tentang apakah ternak-ternak itu akan diberi hak untuk berkunjung ke pantai.

Dan hasil pemungutan suara memutuskan, para sapi itu "memiliki banyak hak untuk berada di sana sebagai pengunjung sebagaimana manusia". Kebetulan, sapi-sapi itu juga bertelanjang.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed