DetikNews
Senin 02 Juli 2018, 09:53 WIB

Dalam Gambar: Banksy Sang Misterius Akhirnya Menjamah Jalanan Paris

BBC Magazine - detikNews
Dalam Gambar: Banksy Sang Misterius Akhirnya Menjamah Jalanan Paris AFP (Foto-foto dilindungi hak cipta)
Paris -

Karya-karya perupa jalanan yang legendaris dan misterius, Banksy, untuk pertama kalinya muncul di tembok-tembok Paris. Sebagian mural itu merupakan kritiknya terhadap kapitalisme dan krisis pengungsi yang sedang meliputi Eropa.

Bansky hits Paris
EPA


Sebagian gambar, seperti yang ditemukan di lingkungan Sorbonne terlihat sebagai penghormatan terhadap gerakan mahasiswa Mei 1968 yang mengguncangkan Prancis. Mural tersebut dibaca sebagai gugatan atas padamnya semangat revolusioner Prancis. Karakter tikus yang khas Banksy memakai ikat rambut Minnie Mouse yang mengacu pada taman hiburan Disneyland Paris, yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di kota itu.

Bansky hits Paris
AFP


Berdiri di antara selimut yang tergulung dan sebuah boneka beruang Teddy Bear, gadis kecil berkulit hitam ini melukis di atas swastika, simbol Nazi. Gambar itu tampak menyentil semakin banyaknya pengungsi yang tidur bergeletakan di sepanjang Sungai Seine. Gambar ini ditemukan tidak lama setelah peringatan Hari Pengungsi Sedunia pada tanggal 20 Juni, terletak di dekat pusat migran yang telah ditutup pada bulan Maret.

Bansky hits Paris
EPA


Gambar hitam-putih sosok berkerudung yang berkabung ini terletak di tepi jalan di belakang gedung konser Bataclan, di mana 89 orang tewas oleh serangan teroris Islamis pada bulan November 2015.

Bansky hits Paris
EPA


Karya Banksy yang didasarkan pada sebuah lukisan terkenal karya Jacques-Louis David tentang Napoleon yang sedang melintasi Alpen di atas punggung kuda dengan penutup kepala berwarna merah yang membungkus wajahnya dengan ketat. Ini terlihat mengacu langsung terhadap kebijakan Prancis tahun 2010 yang melarang penggunaan penutup wajah di depan umum - khususnya niqab. Gambar berdasar karya terkenal Prancis abad ke-19 tersebut berada di utara Paris, salah satu lingkungan yang paling beragam secara etnik.

Bansky hits Paris
EPA


Seorang pengusaha atau mungkin politisi yang berbusana necis mengiming-imingi tulang pada seekor anjing yang sudah ia gergaji kakinya. Mural tersebut ditemukan di lingkungan Universitas Sorbonne, yang dianggap sebagai gugatan terhadap kapitalisme dan keserakahan secara umum. Karya-karya Banksy telah terjual dengan harga lebih dari $1 juta (Rp 14 miliar) di balai lelang, dan para penggemar seni sudah melindungi karya-karya terbarunya di Paris tersebut dengan melapisinya dengan akrilik bening.

(Foto-foto dilindungi hak cipta)




(nvc/nvc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed