DetikNews
Jumat 22 Juni 2018, 08:43 WIB

Sepotong Kue Puding Diluncurkan ke Luar Angkasa Tapi Hilang Lenyap

BBC Magazine - detikNews
Sepotong Kue Puding Diluncurkan ke Luar Angkasa Tapi Hilang Lenyap Foto kue puding yang berada di ketinggian 50.000 kaki di atas Bumi. (S. Anselm's School)
London -

Sepotong kue Bakewell yang diluncurkan ke ruang angkasa, dengan dipasangi alat pelacak dilaporkan telah hilang.

Penganan yang melekat pada balon yang bisa menembus angkasa luar itu diluncurkan oleh siswa-siswa dari sekolah dasar S. Anselm di Derbyshire pada hari Senin (18/06).

Alat pelacak yang menempel pada balon tersebut menunjukkan kue puding berada di ketinggian lebih dari 16.000 meter di atas langit Saxilby, dekat Lincoln, ketika kontak hilang.

Pihak sekolah mengatakan pencarian tengah berlangsung, sementara itu komedian Inggris Stephen Fry mengomentari peristiwa itu dengan mencuit "Negeriku, negeriku..." dalam Twitternya.

https://twitter.com/stephenfry/status/1009192856827949057

Cuitannya yang sudah disukai lebih dari 4.000 orang, menuai beragam pendapat. Misalnya: "Saya yakin seorang makhluk luar angkasa telah menyantapnya." "Ditemukan: Kehidupan Kolesterol Ekstra" dan "Tapi bukankah itu membuat Anda merasa begitu patriotik?"

Sekolah itu mengatakan pihaknya berharap kue puding itu bisa mencapai ketinggian sekitar 35.000 meter.

Liz Scott, direktur penelitian di sekolah mengatakan, "Tahun lalu, kami meluncurkan balon yang bisa menembus ruang angkasa sebagai persiapan untuk eksperimen ini dan balon tersebut kemudian jatuh ditemukan oleh pasangan yang sedang berada di pantai dekat Skegness.

Mereka menghubungi kami lewat informasi kontak yang menempel pada balon untuk memberi tahu kami lokasi jatuhnya balon itu.

"Kami berharap hal yang sama akan terjadi lagi dan kami akan mencari tahu di mana jatuhnya puding itu."

Ia mengatakan para siswa menggalang dana sekitar Pound 1.600 atau Rp30 juta untuk lembaga amal Guide Dogs for the Blind sebagai bagian dari uji coba itu, dengan meminta perusahaan setempat untuk mensponsori mereka.

Perangkat pelacak yang melekat pada balon itu akan mencatat posisinya, bersama dengan suhu udara dan foto-foto yang direkam.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed